Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Menulis Menghidupkan Jiwa Yang Mati---- Ingin tetap membumi ūü§ó

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Situs Kota Kuno yang Bernama Candi Muaro Jambi

11 Juli 2020   13:46 Diperbarui: 11 Juli 2020   14:11 297 82 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Situs Kota Kuno yang Bernama Candi Muaro Jambi
FOTO DOKPRI

Pada tahun 2018 lalu saya menyempatkan diri untuk ke Candi Muaro Jambi. Kemudian di Tahun 2019 Kantor kami se-Provinsi Jambi juga mengadakan acara untuk Pembinaan Kesekretariatan di Candi Muaro Jambi. Candi Muaro Jambi terletak di Kabupaten Muaro Jambi. Jarak dari Kota Jambi menuju Candi Muaro jambi hanya 26 km dengan waktu 30 menit saja.

Komplek Candi Muaro Jambi ini luasnya berkisar 12 km persegi, kira-kira 8 kali luasnya dari Candi Borobudur, Komplek candi terluas di Asia Tenggara. Komplek Candi Muaro Jambi memiliki panjang lebih 7 km dengan luas 260  Hektar.

Candi Muaro Jambi disebut-sebut sebagai situs kota kuno di Sumatera yang merupakan komplek percandian Hindu dan Budha. Candi Muaro Jambi diperkirakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

FOTO FATMI SUNARYA
FOTO FATMI SUNARYA

Dalam sejarah Jambi disebutkan bahwa Candi Muaro Jambi ditemukan pada tahun 1824 oleh S.C Crooke, Letnan Inggris yang melakukan pemetaan daerah aliran sungai. Pemugaran candi baru dilakukan pada tahun 1975 oleh Pemerintah Indonesia dengan dipimpin R. Soekmono. 

Dari beberapa penelitan arkeolog, Candi Muaro Jambi dihuni dan bertemunya berbagai budaya yang berasal dari Persia, China serta India. Agama Budha Mahayana Tantragana merupakan agama mayoritas dengan ditandai ditemukannya lempeng-lempeng bertuliskan wajra pada candi. Pakar efigrafi Boechari memperkirakan Candi Muaro Jambi peninggalan abad 9-12 masehi,

Dalam komplek Candi Muaro Jambi berisi 61  bangunan candi berupa gundukan  tanah (menapo) yang belum di gali (diokopasi). Ada Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kedaton dll. Jadi disini tidak seperti di Borobudur, candi-candi menyebar di Komplek Candi Muaro Jambi ini. Candi terdiri dari batu bata merah yang terdapat pahatan relief, bukan berasal dari batu kali atau alam.

FOTO DOKPRI
FOTO DOKPRI

Candi Muaro Jambi merupakan tujuan wisata jika kita singgah di Kota Jambi, karena jarak dari Kota Jambi tidak terlalu jauh. Dari tempat parkir kenderaan roda empat, kita bisa menyewa sepeda ke Komplek Candi Muaro Jambi atau menumpang Becak Motor.

Pada saat saya mengunjungi Candi Muaro Jambi di akhir tahun 2018, saya sangat beruntung menyaksikan aktifitas keagamaan yang dilakukan di Candi Muaro Jambi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN