Mohon tunggu...
Fasya Mewar
Fasya Mewar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Sehat Itu Mahal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa UMM Mengenalkan Tanaman (TOGA) kepada Siswa Sekolah Dasar dan Melakukan Penanaman

22 September 2022   01:23 Diperbarui: 22 September 2022   01:26 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa PMM Menjelaskan Tanaman Toga Untuk Kesehatan. (Dokpri)

Tanaman obat keluarga atau biasa disebut (TOGA) sebelumnya tanaman obat keluarga biasa disebut dangan nama apotek hidup. Tanaman obat keluarga merupakan beberapa jenis tanaman obat pilihan yang dapat ditanam dipekarangan rumah atau lingkungan rumah. Tanaman obat yang biasa dipilih biasanya tanaman yang dapat dipergunakan untuk pertolongan pertama atau obat-obatan ringan seperti demam dan batuk. 

Keberadaan tanaman obat dilingkungan rumah sangat penting, terutama bagi keluarga yang tidak memiliki akses mudah kepelayanan medis seperti klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. Tanaman obat-obatan dapat di tanam dalam pot-pot atau dilahan sekitar rumah. Dengan memahami manfaat, khasiat dan jenis tertentu, tanaman obat menjadi pilihan keluarga dalam memilih obat alami yang aman.

Kegiatan pengabdian kepada anak Sekolah Dasar tentang pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dilaksanakan oleh tim PMM Universitas Muhammadiyah Malang kepada Anak Sekolah Dasar  selama 2 hari yaitu 1 septembar samapi dengan 2 september 2022 bertempat di SDN 2 Kalisongo Dau, Malang. 

Yang terbagi menjadi 2 bentuk kegiatan yaitu sosialisasi kepada anak sekolah dasar tentang manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) bagi kesehatan yang dilakukan pada tanggal 1 septemebr 2022 dan mengenalkan tanaman Obat Keluarga (TOGA)  kepada adik-adik sekolah dasar secara langsung dan adik-ikut serta langsung menanam pada tanggal 2 september 2022.

Mahasiswa PMM Mengenalkan dan Menanam Tanaman obat keluarga . (Dokpri)
Mahasiswa PMM Mengenalkan dan Menanam Tanaman obat keluarga . (Dokpri)

Mahasiswa PMM menanam secara langsung dan memperkenalkan kepada adik-adik sekolah dasar tentang nama-nama tanaman obat, manfaat, khasiat dan cara merawat tanaman obat keluarga. Dengan adanya sosialisasi tanaman obat keluarga terhadap adik-adik skolah dasar semoga bisa menggunakan tanam obat keluarga sebagai pengobatan tradisonal, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan akan memiliki kebiasan yang lebih sehat.

Pelatihan ini bertujuan agar adik-adik Sekolah Dasar dapat lebih paham tentang pentingnya menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pemanfaatannya dalam menjaga kesehatan sehari-hari secara mandiri.

Sehat Itu Mahal (Dokpri)
Sehat Itu Mahal (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan