Mohon tunggu...
faruq abdullah
faruq abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

good things are going to happen

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Melakukan Sosial Eksperimen Menjatuhkan Uang

2 Desember 2020   13:30 Diperbarui: 2 Desember 2020   13:31 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pada Mei 2018 lalu, saya dan 3 orang teman saya melakukan sosial eksperimen dengan menjatuhkan uang di sebuah mall yang berada di Kota Tangerang, tujuannya untuk mengetes kejujuran seberapa jujurkah orang orang pada saat melihat uang jatuh yang bukan miliknya? tentunya begitu banyak reaksi yang saya lihat dari orang orang. Ada yang jujur, tidak sedikit juga ada yang mengaku uang tersebut miliknya. tentunya sangat lucu dan menarik.

Minggu, 15 Mei 2018 saya terpikir untuk melakukan sosial eksperimen tersebut. Awalnya saya hanya iseng dan tidak ada niat untuk serius melakukannya. Tetapi setelah dipikir pikir menurut saya seru juga agar ada pengalaman. Dan pada saat itu juga saya langsung mengontak teman saya yang bernama Azriel untuk membicarakan konsepnya dan dimana melakukan sosial eksperimen tersebut.

Satu jam saya sudah bicara dengan azriel via aplikasi LINE. Azriel mengiyakan ajakan saya, dan langsung saja saya pergi menuju rumah Azriel. Sesampainya dirumah Azriel saya mengajak 2 orang teman saya yang lainnya, yaitu Genta dan Ravid. Saya dan Azriel bergegas menuju rumah Genta dan Ravid untuk mengajaknya. Akhirnya tiba dirumah Genta dan Ravid, mereka berdua setuju dan kami ber 4 pun berdiskusi selama kurang lebih 30 menit yang sangat serius untuk melakukan sosial eksperimen tersebut. Sepakat dengan peran masing masing, kami ber 4 pun mulai menuju Tangcity Mall pada pukul 11.00.

Saya, sebagai orang pertama yang menjatuhkan uang sebesar RP.100,000 di lantai dasar, Genta orang kedua, Ravid orang ketiga sekaligus memantau situasi dan memberikan aba aba ke target yang dituju, dan Azriel menjadi camera man dan sound man. Sosial eksperimen dilakukan pada pukul 13.00, pada saat itu saya orang pertama yang menjatuhkan uang tersebut.

Berkali kali saya coba selalu gagal dan tidak tepat timingnya, karena di mall itu sangat ramai sehingga selalu gagal dan tidak kondusif. jam menunjukkan pukul 14.30. Kami ber 4 pun akhirnya memutuskan untuk mencari tempat lain dan akhirnya kami sepakat menuju Balekota Mall yang menurut kami lumayan agak sepi tidak se ramai seperti di tempat sebelumnya. Kami ber 4 sampai di Balekota Mall pada pukul 15.00

Langsung saja kami menuju lantai dasar dan melakukan peran masing-masing untuk segera melakukan sosial eksperimen. Saya berjalan menuju target pertama, ada seorang ibu dan anaknya jalan menuju saya. Saya segera menjatuhkan uang dan azriel berada di lantai 2 untuk mengambil video orang tersebut. Saya pura pura berjalan seolah olah tidak tahu menahu tentang uang itu. Saya sedikit tertawa karena ibu itu mengambil uang yang saya jatuhkan. Target pertama tidak jujur, kemudian saya segera mengejar orang tersebut dan memberitahu bahwa kami sedang membuat video sosial eksperimen dan memberi tahu orang itu di lantai 2 ada kamera dan orang itu pun sangat malu dan segera menjauh dari saya dan kamera.

Selanjutnya target ke dua, saya jatuhkan uang seperti sebelumnya dan reaksi orang tersebut jujur tidak mengambil uang itu. Segera saya menghampiri dua orang wanita tersebut dan bicara kepada mereka kami sedang melakukan video sosial eksperimen. Reaksi wanita tersebut sangat lucu dan tertawa setelah melihat kamera yang dipegang Azriel di lantai 2. Sosial eksperimen berakhir  pukul 17.30. Kami ber 4 pun tertawa melihat sedikit cuplikan video tersebut. Dan tidak lama, kami pulang kerumah masing masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun