Mohon tunggu...
Farrel AryaBagaskara
Farrel AryaBagaskara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mulailah belajar untuk menjadi yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apa Itu Penerbitan? Dan Ada Apa Saja di Dalam Prodi Penerbitan?

19 September 2021   13:40 Diperbarui: 19 September 2021   13:43 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kalian sebelumnya udah tau belum sih apa itu penerbitan? Dan ada apa saja di dalam prodi penerbitan?

Penerbitan adalah kegiatan pembuatan dan pendistribusian buku dan surat kabar yang diadakan oleh industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik Dan di dalam prodi penerbitan itu ada yang namanya membaca,menulis,dan menyunting. Apakah kalian sudah mengetahui peran dari ketiga tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut 

Yang pertama Membaca itu menurut saya suatu kewajiban, karena dari membaca kalian bisa mendapatkan ilmu serta wawasan yang amat sangat luas.Banyak di zaman sekarang anak anak kecil di liat jarang sekali membaca buku dia malah lebih milih bermain game di gadget, dan di indonesia itu itngkat membaca nya masih sangat kurang, mangkannya diadakan semacam litererasi di sekolah agar minat membaca anak anak lebih baik dan bagus.

Dan dengan sering membaca kita akan lebih banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang sangat luas. Dengan membaca kita bisa mengenal lebih jauh tentang dunia.Jika kita ingin rajin membaca maka mulailah dengan membaca buku cetak contohnya seperti novel,komik,buku sejarah indonesia, ataupun buku elektronik contohnya seperti mrmbaca wattpad,web toon,joylada,novel toon,membaca artikel di kompasiana ataupun kita bisa buka di situs internet lainnya.

“Membaca adalah pusat yang tidak bisa dihindari oleh seorang penulis”. [Stephen King]

“Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik”. [Hernowo]

Menulis tidak hanya dilakukan oleh anak penerbitan, tetapi semua orang atau kalangan pasti bisa menulis, dan kita pasti sudah di ajarkan menulis dari kecil oleh orang tua maupun guru di sekolah. Kita bisa saja menulis apa saja yang kita inginkan entah atau kita juga bisa menulis perasaan yang kita sedang rasakan dan bisa menulis seperti diary,puisi,dan apapun itu, dan jangan ragu untuk mencoba menulis cerita juga siapa tau dari iseng iseng hanya dengan menulis kita bisa di pangil orang seseorang atau penerbit buku dan disitu kita bisa mendapatkan hasil yang tidak duga.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". - Pramoedya Ananta Toer

Dan di dalam prodi Penerbitan kita tidak hanya diajarkan tentang membaca dan menulis saja. Kita diajarkan yang namanya itu tentang menyunting, apa si itu Menyunting? adalah proses memilih dan menyiapkan media tulisan, visual, suara, dan film yang digunakan untuk menyampaikan informasi. 

Menyunting itu seperti tahap akhir dalam semua hasil yang sudah kita tulis dan baca. Dan dalam tahap inipun kita harus lebih menyunting lagi kata kata yang sudah kita tulis agar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan habis selesai proses menyunting kita bisa menunjukkan hasil karya kita sendiri. Agar suatu buku menarik di lihat di pasaran kita harus mempunyai pembeda atau hal yang menarik untuk dilihat.

Jika itu minat atau bakat kalian lakukanlah duluan sebelum orang lain memulainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan