Mohon tunggu...
Farra Hatunnisa
Farra Hatunnisa Mohon Tunggu... @farrahatunnisa

Mahasiswa Pendidikan Matematika Man Jadda Wa Jada Laa Tahzan :)

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Semarak Menyambut Blibli Indonesia Open 2019

2 Juli 2019   12:06 Diperbarui: 2 Juli 2019   12:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Turnamen Blibli Indonesia Open merupakan ajang kejuaraan bulutangkis dunia. Turnamen bulutangkis papan atas Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Indonesia Open 2019 siap digelar pada 16 hingga 21 Juli 2019 di Istora Senayan, Jakarta dengan mengusung tema Pride of the Nation: Tunjukkan Semangatmu.

Turnamen bulutangkis level super 1000 akan diikuti oleh sekitar 236 pebulutangkis yang berasal dari 20 negara, yang akan memperebutkan hadiah mencapai 1.250.000 Dolar Amerika Serikat atau hampir sekitar Rp17 miliar. Total hadiah dengan jumlah tersebut merupakan hadiah terbesar dari seluruh rangkaian turnamen BWF.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, perusahaan e-commerce tanah air Blibli.com kembali menjadi sponsor utama, sama seperti pada 2018. Turnamen ini yang mengusung tema Pride of the Nation, berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya, konsep yang diusung dalam Blibli Indonesia Open 2019, yakni sport-artainment atau turnamen olahraga bulutangkis yang dipadukan dengan pertunjukan seni dan berbagai hiburan. Turnamen ini akan ditayangkan di Trans 7 mulai tanggal 17 hingga 21 Juli 2019

Para pecinta bulutangkis atau Badminton Lovers juga bisa menyaksikan secara langsung turnamen ini dengan datang ke Istora Senayan, Jakarta. Masyarakat yang ingin menyaksikan Blibli Indonesia Open 2019 dapat membeli tiket secara daring (online) melalui situs blibli.com dan tiket.com. Pembelian tiket juga dapat dilakukan secara langsung di loket penjualan tiket (ticket box) yang ada di Istora Senayan pada saat turnamen itu berlangsung. Tiket Blibli Indonesia Open 2019 yang dijual secara online di situs blibli.com dan tiket.com ludes terjual dalam waktu singkat. Tiket Blibli Indonesia Open 2019 terbagi dalam tiga kategori, Blue, Red dan Black, diiformasikan bahwa tiket kategori Blue dan Red sudah habis terjual untuk babak final, semifinal, perempat final dan babak pertama.

Blibli Indonesia Open 2019 akan dihadiri pemain-pemain top dunia seperti Kento Momota (Jepang), Tai Tzu Ying (Taiwan), Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang), Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok) dan masih banyak lagi pemain top dunia.

Indonesia yang menjadi tuan rumah di turnamen ini mengandalkan tiga sektor untuk meraih juara atau gelar dalam ajang turnamen bergengsi ini diantaranya adalah sektor ganda putra, ganda campuran, dan tunggal putra. Dan untuk ganda putri maupun tunggal putri diharapkan bisa mendapatkan dan memberikan hasil yang maksimal.

Pengundian pemain di turnamen ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2019, dan hasil pengundian untuk pemain Indonesia pada sektor ganda campuran Rinov/Pitha, Hafiz/Gloria, serta Alfian/Marsheilla berada dalam satu pool sedangkan Praveen/Melati berada satu pool dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Sedangkan pada sektor ganda putri pemain andalan Indonesia Greysia/Apriyani berada satu pool dengan pemain Indonesia lainnya yaitu Yulfira/Jauza dan Nadia/Tiara sedangkan Della/Rizki berada satu pool dengan Agatha/Virni. Disektor ganda putra pemain peringkat satu dunia Kevin/Gideon berada satu pool dengan Berry/Hardianto dan Angga/Ricky sedangkan di pool lainnya ada Wahyu/Ade, Fajar/Rian, dan Hendra/Ahsan. Disektor yang baru saja menciptakan All Indonesian Final di Australia Open 2019 yaitu sektor tunggal putra, Jonatan Christie berada satu pool dengan Anthony Sinisuka Ginting, sedangkan Tommy berada di pool lainnya. Selanjutnya sektor yang diharapkan memberikan kejutan yakni sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung berada satu pool dengan Ruselli Hartawan, sedangan pemain lainnya yaitu Fitriani berada di pool lainnya.

PBSI menargetkan minimal satu gelar di Blibli Indonesia Open 2019. Kepala bidang Bina Prestasi PBSI, Susi Susanti, mengungkapkan bahwa di Indonesia Open 2019 ini mereka ingin mengulangi kesuksesan yang pernah diraih pada Indonesia Open edisi sebelumnya. Seperti diketahui, Indonesia sukses menyabet satu gelar di sektor ganda putra yang diwakili Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Meski begitu, Susi menginginkan ada kejutan disektor lainnya.

Semoga pemain Indonesia dapat menampilkan permainan terbaiknya di depan publik.