Mohon tunggu...
Fariz Maulana
Fariz Maulana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hidup Selayaknya Manusia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaplikasian Permainan Tradisional (Engklek) ke dalam Materi KPK untuk Menarik Minat Belajar Kelas 4 SD

5 Juni 2020   20:09 Diperbarui: 5 Juni 2020   20:16 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dilansir dari Kompas.com, Hasil Asesmen Kompetensi SiswaIndonesia (AKSI), Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) KementerianPendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) 2016 menunjukkan masih rendahnyakemampuan literasi siswa Sekolah Dasar yakni: 46.83% tergolong kurang kompetendan 47.11% cukup, sedangkan yang kompetensinya lebih dari cukup hanya 6.06%.

Dalam hal kemampuan matematika, ada 77.13% siswa masihkurang kompeten, 20.58% cukup, dan yang baik hanya 2.29%.

Atas dasar itu, salah satu upaya Kemendikbud berupayameningkatkan mutu hasil pembelajaran siswa di berbagai daerah dan diwujudkandalam kerjasama bilateral (2016 -- 2019) dengan Pemerintah Australia melaluikemitraan Program " INOVASI" ( Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia).

Adanya tuntutan inovasi tersebut menjadikan guru sebagaiujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan diharuskan untuk memiliki ide ataubarang yang dapat digunakan dalam rangka memecahkan permasalahan pendidikan diIndonesia lebih khusus lagi permasalahan yang ada di sekolah.

Lalu bagaimana inovasi pada mata pelajaran matematika?

Di sini agar dapat menarik minat siswa terhadap matapelajaran matematika yaitu dengan menggunakan inovasi permainan matematikadikombinasikan dengan permainan tradisional. "Permainan matematika adalahsesuatu kegiatan yang menyenangkan (menggembirakan) yang dapat menunjangtercapainya tujuan instruksional dalam pengajaran matematika baik aspekkognitif, afektif, maupun psikomotorik". (Ruseffendi, 2006: 312).


Permainan tradisional yang akan diberikan pada siswa yaitupermainan engkle. Permainan yang biasa dimainankan oleh anak anak, tidak hanyaitu permainan ini bisa dijadikan media pembelajaran yang bermanfaat untukmeningkatkan hasil belajar siswa.


Dalam permainan tradisional engkle ini mempelajari tentangKPK(kelipatan persekutuan teekecil) maka akan dilakukan penelitian untukmengetahui INOVASI pendidikan dalam permainan tradisional ini berfungsi denganbaik atau tidak.


Pengaplikasian permainan tradisional (Engkle) ke dalam materiKPK


Dalam permainan ini bisa dilakukan oleh teman teman dirumah, dengan menggunakan lapangan atau halaman rumah teman teman. Carapermainan nya yaitu : pertama teman teman membuat kotak di halaman ataulapangan dengan kayu atau dengan alat bantu apapun itu yang bisa membuat alasnya bebentuk kotak. Lalu disini saya mempunyai contoh soal :


1.     Tentukan KPK dari 2 dan 4

Penyelesaiannya :

Langkah pertama buat kotak sebanyak 16 lalu beri nomor darimasing masing, dan siapkan batu dengan jumlah tergantung teman teman mau nyaberapa, batu ini digunakan untuk menandai bahwa teman teman sudah berhenti dikotak tersebut. setelah itu buat 2 regu, satu regu memiliki 1 orang .lalu temanteman suit untuk menentukan regu siapa yang mendapatkan kpk dari angka 2 dan 4.

Misal regu 1 yang bernama regu gajah mendapatkan KPK dari 2,dan regu 2 yang bernama semut mendapatkan kpk dari 4.

Cara permainannya : Regu gajah mulai untuk bermain untukmenyelesaikan soal kpk dari 2. Regu tersebut harus melompat dan berhentidiangka kelipatan 2,lalu gunakan batu yang sudah teman teman siapkan untukmenndai bahwa teman teman sudah berhenti di kotak tersebut. Lalu sebaliknyaregu semut berhenti di kelipatan 4 dan menandai kotak tersebutdengan batu.

Setelah teman teman menyelesaikan permainan tersebut, temanteman lihat dikotak mana saja batu tersebut atau teman teman berhenti bersamaandi kotak yang sama. Dan catat angka yang pernah diisi oleh teman teman saatberhenti melompat Hasil dari lompatan tersebut terdapat angka 4,8,12 dan 16 karenasoal ini memerintahkan untuk mencari KPK dari 2 dan 4 jadi, hasil PersekutuanKelipatan terKecil  dari 2 dan 4 adalah 4

1

2

Gajah

 

3

4

Gajah

Semut

5

6

Gajah

7

 

8

Gajah

Semut

9

10

Gajah

11

12

Gajah

Semut

13

14

Gajah

15

16

Gajah

Semut


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun