Mohon tunggu...
Farizandi Hadi Prasetyo
Farizandi Hadi Prasetyo Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Travel Blogger

Seorang travel blogger yang menuliskan cerita perjalanannya di www.feelfreebackpacker.id dan lebih sering berpergian secara solo atau disebut juga Solo Traveler.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Eksotisme Pemandangan dalam Perjalanan KA Siliwangi

13 Juni 2019   09:56 Diperbarui: 13 Juni 2019   10:46 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source : dokumentasi pribadi

Traveling tidak harus selalu dengan mengunjungi tempat wisata yang sudah dikenal banyak orang bukan ? Kini saya bercerita tentang perjalananku dengan Kereta Api Siliwangi dari Cianjur hingga ke Sukabumi. Jujur kalau jalur kereta api rute Cianjur - Sukabumi menurut saya jauh lebih indah daripada saya naik kereta saat ke Purwakarta.  

Beberapa tahun lalu memang saya pernah naik kereta api Siliwangi, begitu antusiasnya sampai-sampai menyempatkan diri ke Cianjur hanya untuk mencoba KA Siliwangi untuk pertama kalinya dan melewati jalur yang telah lama mati ini. 

Terakhir kali jalur ini hanya dilalui oleh KA Lokal Cianjur dan itupun hanya sampai stasiun Lampegan saja karena terowongan Lampegan sempat mengalami longsor yang berakibat tertutupnya jalur Lampegan - Sukabumi. Dan kinilah saatnya jalur ini akhirnya terhubung ke Sukabumi.

source : dokumentasi pribadi
source : dokumentasi pribadi

Saat awal peresmian KA Siliwangi dan pertama kali naik kereta api tersebut sebenarnya pengalaman pertama itulah yang berkesan bagi saya. Terlihat antusiasme warga sekitar untuk melihat kereta api yang kembali melewati jalur yang telah lama mati. 

Melihat pemandangan itu pun membuat saya senang karena memang sudah lama sekali menunggu dan akhirnya ada kereta api yang lewat lagi di jalur ini. 

Tidak hanya itu, pemandangan sepanjang perjalanan saat menaiki kereta api ini membuat saya sulit untuk berkedip karena ternyata jalur ini sangat indah, bahkan saya mengira kalau saya sedang berada di sebuah kereta api wisata. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat menguntungkan sekali dengan adanya KA Siliwangi saya bisa melihat keindahan jalur ini.

KA Siliwangi diberangkatkan dari stasiun Cianjur. Baru beberapa menit saja berlalu pemandangan berubah menjadi jauh lebih indah. Apalagi jika naik kereta api ini pada hari yang cerah, pemandangan semakin menakjubkan dengan kemegahan Gunung Gede yang berdiri kokoh di balik jendela KA Siliwangi ini. Sungguh jalur yang indah melebihi jalur manapun yang pernah saya lewati selama naik kereta api.

source : dokumentasi pribadi
source : dokumentasi pribadi

source : dokumentasi pribadi
source : dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun