Mohon tunggu...
Faris Ghulam Usman
Faris Ghulam Usman Mohon Tunggu... Masih belajar menjadi penulis

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Supporter dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling

14 Oktober 2019   23:32 Diperbarui: 14 Oktober 2019   23:46 0 3 2 Mohon Tunggu...

Ibarat dalam pertandingan sepak bola supporter merupakan bagian yang membuat pertandingan menjadi menarik dan seru. Dukungan yang diberikan oleh supporter menambah semangat para pemain bola dalam bertanding seperti halnya dalam pelayanan BK supporter juga dibutuhkan. Sebab dengan dukungan supporter dapat membantu terlaksananya kegiatan BK di sekolah sehingga guru BK dan siswa menjadi antusias untuk melaksanakannya. 

Dalam bahasa ilmiah supporter itu seperti stakeholder yaitu orang yang mempengaruhi dan atau dipengaruhi sesuatu. Mereka yang tergolong sebagai stakeholder atau supporter BK yaitu guru BK, kepala sekolah, komite skolah, orang tua, masyarakat, donatur, pemerhati pendidikan, dan dinas terkait.

Supporter dalam BK mempunyai peran yang penting bagi kelancaran pelayanan BK bagi para siswa, meskipun guru BK selaku supporter utama yang bertanggungjawab dalam pemberian layanan BK namun supporter lain juga harus turut andil dalam menjaga kelancaran pemberian layanan BK. sebab guru BK tidak bisa menjalankan kegiatan BK sendiri tanpa bantuan dari supporter lain. contohnya jika seorang siswa mempunyai masalah sering terlambat dating ke sekolah, untuk membantu mengidentifikasi penyebab masalah yang sedang dialaminya tentu guru BK membutuhkan bantuan orang tuany atau orang-orang terdekatnya sehingga masalah yang dialaminya bisa segera terselesaikan. Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan yang sangat berpengaruh terhadap layanan BK yang akan diberikan oleh guru BK jika supporter BK tidak memberikan dukungan maka pemberian layanan BK akan mengalami kesulitan bahkan menimbulkan masalah lain.

Hubungan antara supporter BK dan layanan BK keduanya saling berhubungan erat karena tanpa supporter BK layanan BK tidak akan terlaksana, sehingga supporter BK mepunyai peran penting dalam mensukseskan kegiatan BK.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x