Mohon tunggu...
Farih LintangJati
Farih LintangJati Mohon Tunggu... Pelajar

SEMANGAT

Selanjutnya

Tutup

Media

Berkenalan dengan Produksi Multimedia

24 Februari 2021   11:20 Diperbarui: 24 Februari 2021   11:41 37 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan Produksi Multimedia
Alur pembentukan produksi multimedia. Sumber : ilmudigital.com

Beberapa situs produksi multimedia yang ada di Indonesia, semuanya berbasis online 

Halo para pembaca laman kompasiana, semoga para pembaca sekalian selalu dlimpahkan kesehatan rohani dan jasmani mengingat saat ini kita sedang menghadapi pandemi global Covid-19.

Nah sembari menjaga iman, aman, dan imun mari kita tetap memperluas pengetahuan kita mengenai apakah itu produksi multimedia?

Pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa poin penting dalam pokok tema bahasan produksi multimedia. Kita akan mulai dari awal terbentuknya kata multimedia itu sendiri, berasal dan berawal dari kata "multi" dan "media". ,ulti dapat diartikan banyak yang berasal dari bahasa latin yakni nouns.

Lalu media berasal dari kata medium yang memiliki arti memberikan, menyampaikan sesuatu, alat perantara. Nah apabila multi dan media digabungkan maka akan menjadi paduan kata yang berarti gabungan dari beberapa media yang media tersebut memiliki berbagai macam format, seperti gambar, teks maupun video yang telah diolah dengan proses computer yang digunakan untuk memberikan atau menjadi alat perantara untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada khalayak atau publik umum.

Multimedia merupakan sebuah gabungan data atau sebuah media yang dapat lebih dari 1 media dan diolah menjadi informasi. Tentu dalam penyampaian informasi yang ada akan dibarengi dengan model dan desain informasi yang menarik sehingga dapat menarik minat masyarakat (Rosch dalam Munir, 2012).

Dan akhirnya produksi multimedia dapat menjadi sebuah tempat membentuk dan menciptakan informasi guna untuk dihantarkan kepada masyarakat luas. Tentunya dalam proses penghasilan informasi ini sebuah produksi multimedia dapat menjadi informasi yang dapat memberikan manfaat di tengah masyarakat dan dikemas dengan menarik dan atraktif.

Dalam produksi multimedia ini juga dapat dikategorikan dalam penghasilan informasi yang akan diberikan atau dihantarkan kepada masyarakat seperti contoh kategori informasi untuk anak-anak akan cenderung lebih ringan dan mudah dipahami yang akan bertujuan agar anak-anak atau golongan usia dini akan lebih mudah mengerti terhadap apa yang disampaikan. Sebaliknya apabila untuk golongan usia muda hingga tua informasi yang ditawarkan cenderung mengandung unsur tema yang berbobot seperti contoh politik hingga ekonomi.

Kenapa ber-platform multi media?

Multimedia dapat memberikan hal yang menarik sehingga masyarakat dapat tertarik untuk membacanya. Sebuah informasi yang berada dalam platform multimedia akan menjadi informasi yang mudah dipahami oleh masyakarat karena dalam penyampaiannya dapat didengarkan, dilihat, dan dilakukan. Sehingga cenderung lebih mudah untuk dipahami (Munir, 2012, h. 7).

Sumber : akudigital.com
Sumber : akudigital.com
Informasi yang memiliki bidang dalam multimedia ini akan mudah dipahami oleh masyarakat karena dalam produksinya dapat dikemas dan didesain sedemikian rupa agar menjadi menarik dan komunikatif. Dalam penerapannya, penerapan berbasis multimedia ini jugaefektif karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Apabila dibandingkan dengan proses pembentukan media cetak yang harus mencetak versi hasil jadi menjadi kertas yang memiliki Salinan banyak sehingga memakan waktu dan biaya. (Munir, 2012, h. 289).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x