Mohon tunggu...
Edukasi

Motivasi Mengikuti DOGMIT Angkatan 4 2019: "Membuat Video Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Video Maker"

23 April 2019   18:15 Diperbarui: 23 April 2019   18:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

Ada beberapa jenis dari media pembelajaran yang bisa kita pakai dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah media visual yang contohnya adalah media berupa video. Dimana Manfaat positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pengajaran di kelas adalah sebagai berikut : Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku.

Setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.  Pengajaran bisa lebih menarik. Media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.

Lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan kemungkinannya dapat diserap oleh siswa. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan Pengajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan. Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan.

Peran guru dapat berubah kearah yang lebih positif,dalam proses belajar mengajar. Begitu juga media yang berupa video pembelajaran yang berisi materi -- materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Video tersebut bisa diakses kapan pun dan dimanapun kalau toh ada kekurangan mungkin unduh dulu videonya selanjutnya bisa dilihat secara offline oleh siswa.

Sehubungan dengan hal diatas, maka guru juga harus mempersiapkan media berupa video pembelajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran berlangsung. Guru harus membuat video pembelajaran sesuai materi yang akan disampaikan, mulai isi dan apa -- apa yang akan dimasukkan ke video tersebut. Dan sangat menunjang sekali DOGMIT kali ini membahas cara membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi video maker FX. Dimana akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat buat kami para guru untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari -- hari di kelas kami.

Aplikasi ini secara sekilas sangat mudah digunakan dan langkah -- langkahnya dalam membuat video melalui aplikasi ini juga sangat menyenangkan. Terdapat template -- template slide yang sudah tersedia, kita tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan pelajaran kita masing -- masing. Dengan kemudahan -- kemudahan yang terdapat di aplikasi video maker FX, menjadikan tambah semangat bagi kami, para guru, untuk membuat video pembelajaran.

Itu juga yang menjadikan motivasi bagi para guru untuk lebih mengembangkan keterampilan dan pengetahuan diri sendiri supaya proses pembelajaran di kelas terwujud dengan maksimal dan para siswa merasa senang dengan pembelajaran kita sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa juga.

Diharapkan dengan mengikuti DOGMIT ini pula para guru bisa berbagi ilmu yang sudah dipahami dan dikuasai dengan teman -- teman yang sama -- sama ikut diklat ini. Karena dengan saling berbagi maka akan tambah barokah ilmu kita dan menambah pahala kita nantinya. Sekali lagi kami sangat antusias mengikuti DOGMIT karena materi -- materinya yang sangat relevan dengan kegiatan pembelajaran dan dapat menjadikan lahan kita untuk pengembangan diri. Salam semangat belajar selalu ......