Mohon tunggu...
Farid Hamam Kaeliana
Farid Hamam Kaeliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kejujuran menghasilkan kepercayaan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (21107030135)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Patahkan Dominasi Filipina, Tim Basket Putra Indonesia Bawa Emas di SEA Games 2021

22 Mei 2022   21:25 Diperbarui: 22 Mei 2022   21:29 197 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gold Medal Timnas Basket Indonesia - Sumber: Instagram @official_timnasbasket

Timnas basket putra Indonesia menciptakan sejarah dengan meraih medali emas untuk kali pertama sepanjang sejarah di SEA Games 2021.

Indonesia berhasil menumbangkan tim kuat Filipina di final dengan skor kemenangan 85-81. Laga perebutan medali emas tersebut digelar di Thanh Tri Gynmasium, Minggu (22/5) sore WIB. Sepanjang sejarah keikutsertaan di SEA Games yang bermula pada 1977, ini merupakan yang pertama kalinya Timnas Basket Indonesia merebut gelar juara di cabang olahraga basket SEA Games.

Sebelumnya Filipina telah membawa pulang emas di SEA Games sebanyak 12 kali, menjadi yang terbanyak di antara negara yang berpartisipasi lainnya. Sedangkan Indonesia baru 4 medali perak dan 3 perunggu. Dengan kemenangan ini, menggenapkan perolehan medali dengan menambah 1 emas.

Cabang olahraga (cabor) basket pada ajang SEA Games 2021 bermain secara round robin dalam satu grup. Artinya, setiap tim/negara akan bertemu. Timnas Basket Indonesia pun tampil beringas dengan menyapu bersih kemenangan lima laga awal. Indonesia berhasil menang atas Malaysia (95-92), Thailand (78-75), Kamboja (94-44), Singapura (91-61) dan Vietnam (94-67). Di sisi lawan, Filipina juga sama gilanya, yang mana memenangkan lima pertandingan. Sehingga, penentuan medali emas tercipta pada laga penutup kontra Filipina.

Laga berjalan ketat dari awal. Indonesia mengawali laga dengan baik. Pasukan Rajko Toroman memimpin 8-2 berkat tembakan tiga angka Abraham Damar. Namun setelah itu Indonesia kehilangan momentumnya membuat Filipina bisa berbalik 9-8.

Pelatih Rajko Toroman langsung merespons dengan memasukkan Derrick Michael dan Marques Bolden. Derrick Michael berhasil menciptakan lima poin yang membuat Indonesia kembali unggul. Indonesia unggul 18-14 di akhir kuarter pertama.

Tak tinggal diam, Filipina mulai bangkit di awal kuarter dua. Dimotori Adrian Matthew, Filipina bisa berbalik unggul 19-18 sehingga memaksa Indonesia mengambil time out.

Indonesia kembali menemukan angin segar. Agassi Goetara dan Derrick Michael menunjukan kelasnya dengan menciptakan tiga tembakan tiga angka yang membuat Indonesia melesat unggul tujuh angka. Kuarter dua ditutup Indonesia dengan keunggulan empat angka.

Di kuarter tiga pertandingan semakin ketat. Kedua tim silih berganti memimpin. Filipina banyak mendapatkan poin lewat Ferdimand Ravena dan Fajardo Sotto Junemar.

Dua tembakan tiga angka di detik-detik akhir kuarter ketiga melalui Juan Laurent dan Brandon Jawato membuat Indonesia tetap unggul atas Filipina dengan 63-60.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan