Mohon tunggu...
Faridhotul UswatunKhasanah
Faridhotul UswatunKhasanah Mohon Tunggu... Guru - guru

menyukai kuliner dan dunia anak anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini

27 November 2022   05:15 Diperbarui: 27 November 2022   05:34 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menumbuhkan minat baca anak usia dini sangatlah penting di terapkan baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. di sekolah guru dapat menyediakan buku cerita dengan gambar gambar yang menarik, menyediakan gambar yang berfariatif dan membacakan cerita untuk anak. saat dirumah, orang tua dapat mengajak anak membaca buku bersama-sama. pembiasaan ini harus dilakukan agar ana terdorong untuk membaca buku. 

Periode usia dini merupakan periode emas atau sering disebut golden age. Pada masa ini, anak-anak berkembang dengan sangat pesat. Anan-anak akan lebih mudah menerima pengetahuan melalui bermain. 

Bermain mempunyai peran yang sangat penting bagi anak. Anak akan merasa senang, gembiran ketika bermain, secara tidak langsung anak akan mendapatkan pengetahuan melalui bermain. 

Pada abad 21, bermain bisa menggunakan buku. Buku akan menjadi media bermain yang asyik untuk anak-anak. Seperti pepatah yang mengatakan "buku adalah jendela dunia" maka untuk menumbuhkan minat anak dalam membaca buku harus dilakukan sejak dini. apabila sejak dini anak-anak sudah mencintai buku, mereka akan gemar membaca sampai mereka tua.

Adapun manfaat yang diperoleh anak ketika anak sering bermain dengan buku yaitu :

1. Kegembiraan

membaca buku dengan cerita yang menari serta gambar menarik akan menumbuhkan rasa senang untuk anak. Mereka akan mengekspresikan perasaannya dengan teman-temannya ketika buku.

2. Daya kritis

saat anak membaca buku, anak akan dapat berfikir kritis dengan apa yang mereka lihat dan mereka baca. mereka akan bertanya tentang hal yang belum mereka ketahui saat membaca buku.

3. Kemandirian

membaca buku secara tidak langsung akan melatih kemandirian anak. Anak bisa memilih buku yang mereka suka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun