Mohon tunggu...
Farid Fatan
Farid Fatan Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa

saya senang berdiskusi dengan hal yang baru dan orang yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Apakah Pancasila Masih Relevan sebagai Ideologi Negara dan Bangsa Indonesia?

11 September 2022   11:20 Diperbarui: 11 September 2022   11:30 358 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum membahas apakah masih relevan pancasila sebagai ideologi negara, kita harus tahu dahulu apa itu pancasila dan ideologi. pancasila adalah ideologis negara indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari bahasa sansakerta yaitu "panca" berarti lima dan "sila" berarti prinsip. 

Namun terbentuknya pancasila melewati proses yang cukup panjang dalam sejara indonesia, karena pancasila ini terdapat nilai-nilai untuk sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi rakyat indonesia. Ideologi adalah seperangkat alat untuk memberikan penjelasan terhadap relistis, cita-cita, nilai yang ingin dicapai, dan cara mengapai cita-cita tersebut yang menjadi pedoman bagi suatu komunitas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila dan ideologi memiliki kaitan satu sama lain. Ideologi sebagai pedoman oleh masyarakat indonesia dalam menjalankan kehidupannya dan pancasila didalam nya kelima asas pancasila menjadi landasan masyarakat untuk bersosialisasi, kehidupan beragama, hak asasi manusia, dan berkerja sama. 

Negara Indonesia memiliki wilayah maritime yang sangat luas. Setiap wilayah di Indonesia mempunyai keanekaragaman suku, bahasa, etnis, agama, kelompok, dan budaya. Keberagaman masyarakat Indonesia ini tidak bias disatukan dengan apapun kecuali pancasila sebagai sumber ideologi pancasila yang penting.

Setelah kita mengetahui apa itu pancasila dan ideologi, kita akan membahas apakah pancasila masih relevan sebagai ideology Negara dan bangsa Indonesia. Menurut saya pancasila masih sangat relevan untuk dijadikan ideologi negara indonesia, apalagi zaman sekarang yang begitu banyak generasi milenial siap berkontribusi membangun negara indonesia dengan keterampilan yang di landaskan oleh pancasila sebagai ideologi negara. 

Pancasila juga sangat flexible yang diartikan dengan berbagai macam pandangan masyarakat yang sangat beragam. Dengan begitu pacasila bisa mengikuti perkembangan zaman dan yang harus di siapkan adalah generasi milenial agar dapat membangun bangsa dengan landasan pancasila  

Disisi lain indonesia sekarang ini mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk usia kerja mencapai 70 persen dan sisanya 30 persen tidak produktif. Disinilah peran pancasila sebagai ideologi negara, dengan menerapkan nilai-nilai pancasila kepada anak milenial agar sumber daya manusia dapat bersaing dengan negara tetangga.

Kenapa pancasila yang harus di tanamkan kepada generasi milenial. karena kebanyakan anak milenial sekarang boleh dibilang minim akan pengetahuan pancasila.

Contoh yang sekarang sedang di alami oleh anak milenial adalah jarang menggunakan bahasa yang baik dan benar, hal itu menjadi peran penting bagi negara untuk menanamkan nilai-nilai pancasila kepada anak milenial agar mempunyai pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang di landaskan oleh pancasila. 

Setelah pancasila di tanamkan kepada generasi milenial harapannya bisa melihat bangsa Indonesia semakin maju dan berkembang bersama generasi milenial.

Namun dalam penerapannya masih banyak yang menyimpang dari nilai-nilai pancasila, seperti aparat pemerintah mulai meninggalkan nilai-nilai pancasila. Contohnya korupsi yang dilakukan pemerintah salah satu bentuk yang menyimpang dari nilai-nilai pancasila. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan