Mohon tunggu...
Andi FaridBaharuddin
Andi FaridBaharuddin Mohon Tunggu... Buruh - Penulis, Penari Profesional, dan Aktifis

Mahasiswa Pascasarjana Unhas Prodi Sastra Inggris telah menulis dua buah buku berjudul: 1. Luka Wajah dan Perlawanan (kumpulan Sajak) 2. Tombak Merah Sehimpun Tulisan Bernada Gelora (Kumpulan Essay)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Novel Animal Farm dan Diskursus Pengentasan Kemiskinan

17 Oktober 2019   16:30 Diperbarui: 17 Oktober 2019   16:40 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

(Tulisan ini telah pernah terbit pada koran Harian Fajar pada minggu, 30/6/2019)

Karya sastra selalu menjadi perbincangan yang hangat dimata publik. Pasalnya, karya sastra -- melalui ide pengarang -- selalu merepresentasikan jiwanya sebagai ajaran edukasi dan moral yang dapat menyentuh urat nadi dikehidupan manusia.

Dikatakan demikian, karena dalam sastra terdapat varian karakter yang menggambarkan relasi atas realita sosial (pengarang dan pembaca) sehingga dapat menjadi bahan perbandingan atas apa yang terjadi di dunianya dan bacaan sastra yang tersimpan di alam bawah sadarnya.

Untuk itu dalam melihat relasi karya dan realita sosial pengarang dan pembaca, penulis meminjam teori abrams dalam Teeuw (1984) yang selalu mendudukkan empat pendekatan dalam mengupas objek sastra. Ialah pendekatan artistik (pengarang), semesta (universe), work (karya), dan audience (pembaca). Pendekatan pertama ialah suatu studi yang lebih menitikberatkan objek kajian pada ekpresi pengarang.

Studi pendekatan kedua lebih menganalisis latar sosial pengarang saat menulis karya, sehingga karya tersebut dilihat sebagai cerminan sosial atau mimetik. Studi pendekatan ketiga lebih mengalisis atas apa yang terjadi pada karya itu sendiri (obyektif), pendekatan yang menitik beratkan pada respon pengarang atas karya disebut pragmatik. (Teeuw,  Sastra dan Ilmu Sastra, 1984). 

Bagi penulis, mengkaji sastra menggunakan empat pendekatan di atas mampu memperluas penglihatan kita atas objek kesusastraan mulai pada kondisi sosial pengarang hingga respon pembaca. Sehingga sastra tidak lagi dilihat sebagai bacaan remeh temeh ataupun absurd yang hanya menjelasakan dirinya sendiri seperti seni untuk seni (Plekhanov, 1895).

Novel Animal Farm dan Latar Sosial Pengarangnya
Pada poin ini, penulis ingin mencangkok beberapa insrumen dari pembahasan teori abrams di atas agar dapat menjadi pisau analisis dalam mengupas cerita yang terkandung pada novel Animal Farm yaitu Mimetik, Ekpresif dan Pragmatik. Ialah George Orwell (1903-1950) seorang sastrawan dan juga essayist yang kerap menuangkan idenya dalam mengkritik prilaku penguasa diktator dan otoriter. 

Pada masa tersebut (senada dengan pendekatan Mimetik Abrams), terdapat beberapa rezim pemerintahan yang menggunakan jubah kekuasaan dalam membrangus hak sipil politik dan hak ekonomi sosial budaya masyarakat, seperti Hitler dengan pandangan Nazi, Mussolini dengan gaya fasisme, termasuk Stalin dan Mao Tse Tung dengan ideologi Komunisme-nya. Praktik penyalahwenangan kekuasaan ini memakan sejumlah korban terkhusus bagi mereka yang berbeda dengan pandangan politik penguasa.

Keadaan sosial inilah yang  mempengaruhi kesadaran Orwell dalam Menuliskan (ekspresif) novel Animal Farm sebagai satir dalam mengkritik karakter penguasa. Olehnya itu, dalam mengekpresikan karakter penguasa yang koruptif, Orwell mengobjektifikasinya dengan hewan Babi yang rakus Napoleon.

Kendati demikian, menurut penulis, Orwell bukanlah sosok yang pesimis dalam melihat kondisi sosial politik di masanya. Sebab, dalam karya tersebut ia turut menghadirkan karakter pemimpin (dalam animal farm bernama Snowball) sebagai representasi dari jiwa penguasa yang Benevolent, disipilin, tegas namun mencintai rakyatnya.

Perjalanan karir kepemimpinannya ditandai saat ia mencoba mengoraganisir rekan-rekanya dalam menggulingkan si peternak bernama Mr. Jones. Jones adalah karakter yang menggambarkan ciri dari kepemimpinan feodalis. Ia menguasai seluruh sumber ekonomi dalam peternakan dan sewenang-wenang terhadap piaraanya (rakyatnya). Itulah mengapa dalam novel tersebut Snowball dan rekannya mencoba mengusir jones dari peternakan agar sumber ekonomi tidak lagi dikuasai secara individual melainkan kolektivitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun