Mohon tunggu...
Farida Fitrani
Farida Fitrani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tentang Memori Jangka Panjang dan Pendeknya Ingatan

25 April 2018   22:08 Diperbarui: 25 April 2018   22:27 591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
wattpad.com/user/etamorfosis

Masa lalu dan sekarang sangatlah berbeda, dilihat dari masa, waktu, kejadian, ruang, dan tempat. Senang dan sedih itulah inti dari semua peristiwa setiap yang telah terjadi. Contohnya aku yang dulu sangat dulu sekali, iangtkah kalian semua pertama kali masa kecil apa yang kamu ingat sampai kamu dewasa sekarang.

Kalau aku pertama kali ingtan yang ada di memori sampai saat ini adalah ketika aku duduk di TK A dan diberi uang saku oleh ibu sebesar 500 Rupiah, itu belum cukup ceritanya. Karena 500 di bagi dua dengan abangku yang duduk di kelas TK B.

Sangat kreatifnya aku dan abangku. Uang 500 kita bagi ada yang dapat 200 dan 300. Hari senin aku dapat 300 abangku 200, selasa bergantian abangku yang mendapat 300 aku 200, dan seterusnya seperti itu dari hari senin sampai sabtu. Itulah yang disebut dengan memori jangka panjang, karena panjangnya waktu dan peristiwa dahulu yang kamu ingat sampai sekarang sampai kamu tumbuh dewasa.

Sedangkan memori jangka pendek adalah ingatan yang bersifat pendek dalam waktunya. Seperti halnya jika membaca buku saat ini juga beberapa jam kemudian akan di tanyai tentang isi buku tersebut sebagian banyak ada yang hilang. Itulah memori jangka pendek.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun