Mohon tunggu...
Farid Wadjdi
Farid Wadjdi Mohon Tunggu...

Bekerja di perusahaan kontraktor nasional, memiliki minat khusus di bidang arsitektur dan konstruksi, tapi juga ingin beceloteh dan curhat tentang apa saja.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Memilih Kontraktor Sebagai Mitra Kerja Dalam Membangun Rumah Tinggal

22 Februari 2014   15:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:34 0 2 2 Mohon Tunggu...

Membangun dan mewujudkan rumah ideal yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah tidaklah mudah. Banyak proses dan pertimbangan yang harus dilakukan, mulai dari perencanaan desain, pembangunan, pengawasan, hingga penyelesaian pembangunan, yang diakhiri dengan serah terima pekerjaan. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki untuk mendirikan sebuah bangunan. Selain itu, waktu pembangunan yang cukup lama menjadi kendala tersendiri bagi pemilik rumah yang memiliki kesibukan cukup tinggi.

Dengan fenomena kesibukan masyarakat perkotaan, serta proses pembangunan rumah yang sangat memakan waktu, maka kehadiran pemborong atau kontraktor secara langsung akan sangat membantu dalam proses pembangunan rumah. Kontraktor akan mengambil alih seluruh pekerjaan pembangunan, tapi tentu saja dengan pengaturan kewajiban masing-masing pihak yang telah disepakati bersama.

Pemilihan Kontraktor

Kontraktor adalah pihak penyedia jasa yang dapat bersifat perorangan maupun badan usaha dan merupakan tenaga ahli dalam pelaksanaan pembangunan rumah atau gedung. Pekerjaan kontraktor sebagai tenaga ahli dalam proses pembangunan akan selalu terikat kontrak dengan pemilik rumah atau bangunan. Kontraktor yang baik harus memiliki pengalaman yang luas, selain memiliki bekal ilmu teknik, seperti teknik sipil, arsitektur dan lansekap. Yang tak kalah pentingnya adalah kekuatan finansial dan kemampuan manajerial yang baik. Penguasaan kontraktor atas hal-hal tersebut akan sangat menentukan kelancaran pembangunan dan hasil produk yang berkualitas.

Pemilihan kontraktor sebagai mitra dalam pembangunan rumah tinggal harus dilakukan dengan selektif, karena keputusan akhir dalam menentukan kontraktor akan mmepengaruhi proses pelaksanaan pekerjaan dari awal hingga akhir, dan tentu saja akan mempengaruhi hasil akhir pembangunan. Kesalahan dalam memilih atau menentukan kontraktor tentu saja akan merugikan pemilik rumah/bangunan. Kerugian yang bisa dialami oleh pemilik rumah akibat kesalahan tersebut adalah:

KONTEN MENARIK LAINNYA
x