Mohon tunggu...
Farha Rahmadhani Wibowo
Farha Rahmadhani Wibowo Mohon Tunggu...

BerprosesūüĆł

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pentingnya Mengenali Potensi Diri

25 Maret 2018   07:13 Diperbarui: 25 Maret 2018   08:39 4421 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mengenali Potensi Diri
tugassekolah.com

Gutten Morgen semuanya! Berbicara tentang potensi diri apa yang kalian pikirkan? Sebenarnya apa sih potensi diri itu? Mengapa penting? Pernah nggak pertanyaan itu melintasi benak kalian? pastinya pernah dong?  kuy cari tau sama-sama :):)

Nah sebenarnya kata potensi itu kemampuan sedangkan diri adalah diri sendiri jadi potensi diri itu maksudkan adalah kemampuan diri sendiri, yang tentunya jarang terlihat sepenuhnya oleh seseorang tersebut. Dan mengapa mengenali potensi diri itu penting?

Ya! Tentunya penting. Karena potensi diri itu adalah komponen utama, potensi diri itu adalah cara kalian mengukur sampai mana kemampuan kalian yang arahnya untuk mengetahui sebenarnya apasih bakat dan minat kalian yang bisa dikembangkan. Jadi potensi diri itu harus digali dan dicarai.

Semakin dalam kalian mengggali, semakin dalam pula kalian mengenal diri, semakin kenal diri tentunya akan mudah mengetahui dimana minat dan bakat kalian, dimana kemampuan kalian akan sesuatu hal.

Tentunya kalian jadi paham, ada diposisi mana kalian sekarang jika mengenal betul diri  kalian sendiri. Potensi diri tentunya berhubungan dengan mau gimana sih kamu dimasa yang akan datang. Siapa yang tak ingin dimasa yang akan datang dengan memiliki kemampuan yang kalian miliki? Ada beberapa cara nih untuk mengenali potensi diri kalian, simak ya!

Yang pertama, kenali diri kalian dengan cara sebenarnya minat dan bakat kalian itu dimana sih? Biasanya sih ngga jauh-jauh dari hobby yang nantinya bisa kalian kembangkan. Mengetahui apa hal yang kalian suka, yang dapat dikembangkan. Selali berlatih dan menggali sampai kalian menemukan apa sih yang kamu suka? Dan apa yang bisa dikembangkan?

Yang kedua, sadari impian kalian, mau jadi apa kalian kelak, yang tentunya potensi diri juga dapat terlihat dari sebuah impian yang kalian impikan loh!

Yang ketiga, mampu mengenali kekurangan diri kalian sendiri dan dapat mengatasinya, pada dasarnya tak ada manusia yang sempurna bukan? Sehingga kita mengetahui titik lemah kalian dimana dan titik unggul atau kemampuan yang kalian miliki.

 Yang keempat, menghargai diri kalian sendiri yang akan membantu mengetahui dimana sih sebenarnya potensi diri kalian, kok bisa? Tentunya bisa, karena jika kalian menghargai diri kalian sendiri semua akan natural dan apa adanya.

Yang kelima, jika kalian masih seorang pelajar dibangku sekolah, peran guru BK juga bisa loh membantu mengenali potensi diri kalian. yang pastinya juga ahli dibidangnya bukan, seorang guru BK?

Nah, gimana nih apa sudah ada pandangan dimana kemmpuan kalian? minat dan bakat kalian??? Percayalah bahwa setiap orang pasti mempunyai potensi diirinya masing-masing guys

Sekian ya beberapa cara secara garis besar untuk mengenali potensi diri. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

           

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x