Mohon tunggu...
farhanum nisa
farhanum nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Law Students

Possunt quia posse videntur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Angka Kematian Akibat Covid-19 Meningkat, Mahasiswi UNDIP Bagikan New Normal KIT Kepada Warga

4 Agustus 2021   15:49 Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:54 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Angka Kematian Akibat Covid-19 Meningkat, Mahasiswi UNDIP Bagikan New Normal KIT Kepada Warga
Dokpri 

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum mereda sejak WHO mengumumkan Covid-19 sebagai Pandemi Global pada tanggal 12 Maret 2020 silam. Pergerakan kurva yang sempat menurun kini kembali mengalami peningkatan. Di Kabupaten Kediri, pada tanggal 31 Juli 2021 terdapat konfirmasi poistif covid-19 sebanyak 86 orang, angka tersebut masih bertambah sehingga terdapat 142 orang terinfeksi covid-19 pada tanggal 1 Agustus 2021.

Kenaikan dan penyebaran Covid-19 dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain banyaknya kerumunan yang ada di masyarakat, mengabaikan protokol kesehatan serta munculnya varian baru seperti alpha dan delta yang memiliki tingkat penyebaran lebih tinggi.

Selama ini pemerintah telah menetapkan kebijakan terkait penanggulangan Covid-19. Kebijakan tersebut berupa anjuran memakai masker, pemberlakuan PPKM, serta himbauan untuk melakukan vaksin.

Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak menghiraukan kebijakan pemerintah tersebut. Hal itu dibuktikan dengan, terdapat masyarakat yang masih tidak menggunakan masker saat bepergian, tidak melakukan social distancing, serta menolak vaksinasi dengan alasan vaksinasi merupakan salah satu cara elite global mendapatkan keuntungan dan sebagai sarana memasukkan microchip ke dalam tubuh manusia.

Maka dari itu, salah satu mahasiswi UNDIP (Universitas Diponegoro), yaitu Farhanum Milatin Nisa' mengadakan program KKN dengan mengusung tema "Urgensi Mematuhi Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19". Dikarenakan situasi dan kondisi Covid-19 yang semakin meningkat, maka KKN dilaksanakan secara individual dan bersifat pulang kampung.

Dokpri
Dokpri

Adapun pelaksanaan program KKN dilakukan pada tanggal 14 Juli-20 Juli 2021,  dengan cara memberikan edukasi, membagikan poster tentang ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan, serta membagikan new normal kit seperti masker dan handsanitizer. Adapun objek sasarannya adalah UMKM yang berada di Desa Kanigoro. Hal itu dikarenakan, warga yang memiliki UMKM lebih sering bertemu serta berinteraksi dengan banyak pihak. Melalui program ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang urgensi mematuhi protokol kesehatan serta dapat menghambat penyebaran Covid-19.


Oleh: Farhanum Milatin Nisa'

DPL: Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN