Mohon tunggu...
Farhan Ramadhan
Farhan Ramadhan Mohon Tunggu... Lainnya - Koresponden

Saya memiliki hobi menulis sejak SMA, dan sekarang masih merawat baik hobi tersebut. Kini, saya aktif menulis di blog pribadi dan beberapa media online.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pertemuan Tiga Ketum Parpol Setelah Anies Nyatakan Siap

21 September 2022   23:23 Diperbarui: 22 September 2022   08:34 117 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anies Baswedan (kedua kanan) dan AHY (kedua kiri) melakukan foto bersama Ketum Partai Nasdem Surya Paloh (tengah), Presiden PKS (pertama kiri), serta mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (pertama kanan). 

Anies Baswedan pada pernyataannya di Kantor Berita Reuters yang telah mewawancarai dirinya di Singapura pada Jum'at (16/9) pekan lalu secara terbuka menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," ujar Anies dalam artikel Reuters berjudul 'Popular governor of Indonesian capital 'prepared' to run for president' yang dikutip banyak media nasional.

Seperti yang diketahui, Anies tidak tergabung dalam partai politik (parpol). Syarat untuk bisa maju sebagai kandidat capres adalah diperlukannya parpol sebagai "kendaraan politik" agar dapat mencapai pencapresan.

Hal itu tertangkap Ketika Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu di acara pernikahan anak Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto. Dari pertemuan itu, sinyal duet Anies Baswedan dengan AHY pada gelaran pilpres nanti kian kuat.

Sejauh ini belum ada partai yang secara resmi mengusung Anies sebagai bakal capres. Sejumlah partai baru pada tahap menyebutkan namanya sebagai calon yang akan dipertimbangkan. Belum ada yang sudah pasti akan mencalonkan dirinya.

Meskipun demikian, diketahui Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat tengah menjajaki kemungkinan berkoalisi menghadapi Pilpres 2024 mendatang. Petinggi dari masing-masing partai telah saling bertemu. Tiga partai tersebut juga menyambut Anies ketika menyatakan siap menjadi calon presiden di ajang Pilpres 2024 nanti.   

Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri turut merespons positif penyataan Anies. Menurutnya, PKS terbuka jika Anies membutuhkan partai politik untuk maju menjadi calon presiden.

"Peluang masih selalu ada. Buat capres yang lain juga tentu kita tidak menutup komunikasi," kata Ahmad.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan