Mohon tunggu...
Farhan Rahmawan
Farhan Rahmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jujutsu S1

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Death Note

30 September 2022   16:26 Diperbarui: 30 September 2022   16:28 197 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Death Note merupakan sebuah film fiksi yang dikarang oleh Tsugumi Ohba lalu di terbutkan oleh Madhouse Studio pada tahun 2006. Death Note sendiri adalah sebuah buku catatan kematian yang mana penulis akan membunuh orang yang namanya ia tulis. Buku tersebut merupakan buku dewa kematian yang ditemukan oleh remaja secara misterius. Film ini menceritakan tentang bagaimana usaha sang penulis menggunakan buku tersebut untuk mengubah dunia menjadi tempat tanpa kejahatan.

Ini berawal saat seorang siswa biasa bernama Light Yagami yang sedang melamun seraya memandangi jendela, lalu ada buku yang jatuh dari langit. Ia tidak peduli karena memang itu sifatnya. Akan tetapi saat pulang sekolah, ia sangat penasaran lalu kembali ke taman sekolah dan mengambil buku tersebut. Saat di rumah, buku tersebut dibuka lalu ada sebuah peringatan di awal buku yaitu buku ini dapat membunuh orang yang namanya ditulis di buku itu. Awalnya ia tidak percaya, lalu ia melihat berita di televisi dan dikabarkan ada buronan yang sedang dicari. Lalu untuk membuktikan terkait buku tersebut, Yagami pun menuliskan nama buronan tersebut ke dalam Death Note. Setelah ditulis nama korban ke dalam buku, penulis juga harus menyertakan kronologi terkait korban yang akan dibunuh. Lalu setelah 40 detik, maka korban akan langsung meninggal sesuai dengan kronologi yang dibuat. Setelah Yagami melakukan itu untuk berkali-kali akhirnya ia pun percaya tentang keaslian Death Note tersebut. Lalu ia langsung mencari nama buron dengan tujuan membunuh buron tersebut.

Karena banyak buronan dan penjahat yang mati secara tiba-tiba dan dalam kurun waktu yang dekat, polisi mulai merasa janggal. Lalu polisi menginvestigasi hal tersebut. Ada seorang detektif hebat yang menawarkan dirinya dalam membantu kasus matinya buronan yang di catat sebagai pembunuhan beruntun yang bernama L. Lalu L membuat tim kecil untuk mencari pelaku yang membunuh buronan secara misterius. Karena kecerdasan L, ia menyimpulkan bahwa sang pembunuh ini adalah orang jepang. Lalu L memburu sang pembunuh bersama polisi akan tetapi Yagami membunuh semua rekan tim L. Yagami tidak dapat membunuh L karena tidak ada info terkait nama aslinya L. Lalu terjadilah perang dingin antara Yagami sosok pembunuh misterius dan dekektif cerdas yaitu L. Dibalik dua nama ini, ternyata L dan Yagami merupakan teman dekat sejak pertama masuk kuliah. Mereka merupakan lulusan terbaik. Lalu karena L tidak tau apapun tentang sang pembunuh, ia pun meminta Yagami untuk membantunya menyelesaikan kasus pembunuhan ini. Lalu L menyebut namanya kepada Yagami yang sebenarnya adalah pembunuh tersebut. Akan tetapi itu adalah nama palsu sehingga Yagami belum bisa membunuh L. Lalu L menyelidiki bahwa ternyata ada sang pembunuh kedua yang membantai para buronan dengan motif yang berbeda. Nama pembunuh kedua itu adalah Misa Amane. Dia sangat mendukung aksi sang pembunuh misterius ini yaitu Yagami karena dulu orang tua nya dibunuhb oleh penjahat. Kehadiran L yang malah mau mengeksekusi pembunuh misterius ini membuat Misa ikut i membantu Yagami dalam hal ini. Misa sendiri memiliki kemampuan mata khusus yang saat ia melihat seseorang, maka dia juga akan melihat nama asli dari orang yang dia lihat.sampai pada akhirnya Misa bertemu dengan L dan melihat nama aslinya. Lalu Misa memberi tau Yagami terkait nama asli Ldan L pun terbunuh dan kalah telak dalam perang dingin ini.

Polisi pun kewalahan karena L juga terbunuh dalam kasus ini. Sehingga polisi mengajak Yagami untuk bergabung dalam tim penyelidikan karena Cuma Yagami yang memiliki kecerdasan yang serupa dengan L. Tidak ada yang tau bahwa Yagami adalah pembunuh itu, sehingga posisi ini merupakan posisi yang sangat bagus untuk Yagami. Karena dia dapat info buronan dari polisi dan berencana untuk menguasai dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan