Mohon tunggu...
Farhan Nadhir
Farhan Nadhir Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya sebagai mahasiswa jurusan ilmu komunikasi universitas andalas

saya memiliki hobi olahraga, apapun yang berkaitan dengan olahraga pasti saya suka. karena olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan di masa sekarang hingga masa depan. selain itu saya menyukai game karena game dapat menenangkan pikiran disaat stres.

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Workout Dapat Mengubah Gaya Hidup

8 November 2022   09:39 Diperbarui: 8 November 2022   09:51 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Atletik. Sumber ilustrasi: PEXELS/Andrea Piacquadio

Pada kehidupan masyarakat modern atau lebih tepatnya anak muda saat ini banyak ditemui perilaku-perilaku yang mendasari sebuah gaya hidup. Gaya hidup yang muncul pada setiap orang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Fenomena kehidupan pada masyarakat modern atau anak muda zaman sekarang umumnya dipengaruhi oleh faktor perkembangan yang ada di lingkungan sekitarnya. Gaya hidup sebenarnya dapat dilakukan oleh seluruh kalangan manusia, apapun usianya maupun jenis kelaminnya. Di era modern saat ini, gaya hidup diartikan sebagai salah satu hal yang dapat menggambarkan tindakan dalam hidup seseorang.

Masyarakat modern yang tinggal di perkotaan identik dengan gaya hidup yang kurang sehat karena dianggap menyukai makanan cepat saji, malas berolahraga, kurang istirahat, merokok, meminum minuman keras, dan sebagainya. Gaya hidup seperti ini akan menurunkan kualitas kesehatan tubuh. Walaupun banyak juga ditemukan masyarakat yang menjalani pola hidup sehat, seperti memakan sayuran organik, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan juga workout.

Workout adalah salah satu olahraga yang banyak disukai kalangan remaja, mengapa demikian ? karena workout tidak memakan biaya sama sekali, workout juga memiliki gerakan yang simple, dan fleksibel tetapi memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Workout juga dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun sesuai keinginan. Orang yang memiliki kebiasaan workout dapat memiliki tubuh yang kuat dan ideal, karena gerakan pada workout dapat melatih seluruh otot pada tubuh manusia.

Selain itu, workout juga dapat merubah gaya hidup manusia yang sebelumnya memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti istirahat yang kurang karena merasa tidak nyaman ketika tidur, memakan makanan siap saji yang mengakibatkan pencernaan yang sulit dan lain-lain. Dengan melakukan aktivitas workout, kebiasaan tersebut dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Kebiasaan workout ini dapat kita munculkan sejak saat ini, tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan yang sehat. Workout biasanya dilakukan oleh remaja lulusan SMA yang inin mendaftarkan dirinya ke pendidikan TNI, ikatan dinas, akademi polisi, dan lain-lain. Selain itu, workout juga digemari oleh remaja yang biasa pergi ke gym karena ketika hendak ke gym atau pada saat berada di gym biasanya mereka melakukan workout hanya untuk pemanasan sebelum melakukan aktivitas gym.

ada beberapa manfaat pada tubuh jika sudah terbiasa melakukan workout secara rutin seperti :

1. Menurunkan resiko terkena penyakit kronis

Seseorang yang sering melakukan aktivitas workout diketahui dapat beresiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit kanker. tak hanya itu, terdapat beberapa penelitian juga menunjukan bahwa workout dapat mengurangi resiko atau bahkan meringankan gejala penyakit parkinson, depresi, demensia, dan penyakit alzheimer.

2. Meningkatkan suasana hati

Workout dilakukan secara rutin juga dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini dapat diperoleh karena tubuh akan melepaskan hormon endorfin saat beraktivitas fisik. Hormon ini dapat mengurangi perasaan gelisah dan menimbulkan rasa senang dan nyaman, sehingga emosi pun dapat terkontrol dengan baik.

3. Energi semakin meningkat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun