Mohon tunggu...
M. Farhan
M. Farhan Mohon Tunggu... Hukum Pidana Islam 17

Like four leaf clover's, hard to find but lucky to have

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Sebab-sebab Hapusnya Hukuman dalam Hukum Pidana Islam

15 Agustus 2020   01:23 Diperbarui: 15 Agustus 2020   01:13 57 3 3 Mohon Tunggu...

Muhammad Farhan Al Farouq

0205172223

Fakultas Syari'ah dan Hukum UINSU

Prodi Hukum Pidana Islam

Beberapa tahun belakangan, ramai kita temukan ragam kasus tindak pidana, baik itu pembunuhan atau pun yang lainnya. Yang meresahkan, para penegak hukum seolah tidak berdaya untuk menjatuhi sanksi pidana terhadap para pelaku tindak pidana tersebut. Sebenarnya apa yang membuat para penegak hukum seolah tidak berdaya untuk menjatuhi sanksi pidana tersebut?

Dalam Hukum Pidana Islam, ada beberapa hal yang menyebabkan seorang pelaku tindak pidana tidak dapat dijatuhi sanksi pidana, yaitu:

1. Paksaan

Seseorang yang melakukan tindak pidana dalam keadaan terpaksa tidak dapat dijatuhi sanksi pidana karena tidak terdapat dalam dirinya niat yang murni untuk melakukan tindak pidana, melainkan ia melakukan tindak pidana tersebut dikarenakan suatu tindakan yang dapat menyebabkan hilang nyawanya atau pun dikarenakan suatu ancaman psikis.

2. Mabuk

Seseorang yang melakukan tindak pidana dalam keadaan mabuk, tidak dapat dijatuhi sanksi pidana dikarenakan berkurangnya kemampuan akalnya untuk mencerna sesuatu yang ia lakukan dan ia katakan. Bahkan rasul pernah melarang orang yang shalat dalam keadaan mabuk dikarenakan apa yang dikatakan itu tidak jelas disebabkan pengaruh dari alkohol/khamar.

3. Gila

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN