Mohon tunggu...
M. Fardomuan Siregar
M. Fardomuan Siregar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UPI

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hadirnya Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Membantu Pembelajaran di SD N Campedak Kab. Bogor Pada Masa Pandemi Covid-19

16 September 2021   23:12 Diperbarui: 17 September 2021   00:02 77 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hadirnya Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Membantu Pembelajaran di SD N Campedak Kab. Bogor Pada Masa Pandemi Covid-19
Mahasiswa Penugasan Kampus Mengajar Angkatan-1 di SD N Campedak Bogor 

Pandemi COVID-19 yang melanda sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Aktivitas pendidikan terpaksa harus beradaptasi akibat adanya pandemi tersebut. Mau tidak mau, siap tidak siap, seluruh aktivitas pembelajaran dialihkan secara daring (dalam jaringan) atau secara online.

Hal ini sangat berdampak bagi sekolah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) yang masih belum siap untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Adanya pandemi COVID-19 menghambat cita-cita yang sedang dijalankan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi, mencetuskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan hak belajar di luar program studi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan  relevan dengan kebutuhan zaman sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021 ditujukan untuk menjadi solusi bagi peningkatan kualitas pendidikan Indonesia terutama di masa pandemi ini, melalui tangan-tangan mahasiswa seluruh Indonesia. Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 memiliki tujuan untuk membantu memberikan kesempatan belajar yang optimal kepada semua peserta didik pada jenjang SD, khususnya SD 3T dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi.

Adapun yang menjadi acuan dari program Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021 ini meliputi memaksimalkan pembelajaran semua mata pelajaran dengan berfokus pada literasi dan numerasi siswa, adaptasi teknologi dan adaptasi administrasi sekolah di masa pandemi. Dengan program ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kesempatan mengasah diri dalam kreativitas, kepemimpinan diri, dan berjiwa sosial tinggi. Tentunya juga dapat memberikan pembelajaran yang optimal pada jenjang SD dalam kondisi darurat pandemi COVID-19.

Saya (M. Fardomuan Siregar) merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang ditempatkan di SD N Campedak Palasari, Kab.Bogor, Kec. Cijeruk yang merupakan sekolah dalam akreditasi C.
Upaya yang dilakukan dalam kegiatan Kampus Mengajar yaitu membantu sekolah dalam penguatan pembelajaran yaitu membantu mengajar di kelas, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan masih banyak lagi.

Melatih Keberanian Peserta Didik Untuk Menyampaikan Hasil dari Pembelaran 
Melatih Keberanian Peserta Didik Untuk Menyampaikan Hasil dari Pembelaran 

Adapun program-program yang tim saya usulkan dan lakukan untuk membantu sekolah dalam pembalajaran yaitu membantu guru mengajar di kelas  dalam menghadapi anak yang mengalami keterlambatan belajar, melakukan kegiatan kelas calistung rutin tiap minggu nya, olahraga bersama, balajar sambal bermain, mengadakan perlombaan tiap kelas, serta membantu sekolah dalam kepentingan bidang administrasi

Membantu Guru dalam Pembelajaran di Kelas
Membantu Guru dalam Pembelajaran di Kelas
Kegiatan Rutin Calistung untuk Memperlancar Peserta Didik dalam hal Membaca dan Menulis
Kegiatan Rutin Calistung untuk Memperlancar Peserta Didik dalam hal Membaca dan Menulis
Kegiatan Olahraga Bersama
Kegiatan Olahraga Bersama
Kegiatan dalam Melatih Kreativitas Siswa
Kegiatan dalam Melatih Kreativitas Siswa
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan