Mohon tunggu...
Fardan Barkah Albari
Fardan Barkah Albari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan seorang mahasiswa jurusan pendidikan multimedia di universitas pendidikan indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2021: Pembuatan Desain Penguatan Promosi dan Branding UMKM di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   03:58 Diperbarui: 1 Agustus 2021   07:27 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung cukup lama di Indonesia, telah menimbulkan beberapa perubahan besar pada jalannya kegiatan bermasyarakat. Hal ini dapat kita perhatikan dari berbagai macam Kebijakan baru yang telah dibuat oleh pemerintah, seperti PSBB & PPKM yang membuat beberapa sektor di-Indonesia mengalami dampak serius. Seperti para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang ekonomi, dimana keterbatasan gerak dan komunikasi menjadi sebuah keadaan yang cukup sulit untuk bisa mengembangkan bisnisnya di kala pandemi.

Maka dari itu, Melalui kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UPI) pada tahun 2021, dengan tema Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM.

Pada program ekonomi, mahasiswa diharuskan membantu para pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19. Salah satu pelaksanaan program tersebut adalah dengan melakukan pendampingan dan penguatan promosi juga branding pada UMKM bernama Mistis Drink & food yang terletak di desa Cinunuk.

Kegiatan yang sudah dilakukan meliputi penguatan branding dan Promosi Mistis Drink & Food yang terdiri dari perbaruan desain logo usaha, Desain Banner juga Menu. Selain itu, dilakukan juga beberapa foto produk UMKM Mistis Drink & Food yang nantinya akan dibuatkan poster juga thumbnail sebagai bahan promosi pada aplikasi Go-jek, Grabfood, dan lain-lain.

Untuk pendampingan yang dilakukan adalah dengan membantu pemilik usaha dalam membuat dan mendaftarkan UMKM Mistis Drink & Food ke dalam aplikasi Shopee Food. Dengan adanya pendampingan juga penguatan brand pada UMKM Mistis Drink & Food, diharapkan mampu menjadi jalan untuk meningkatkan produk Mistis Drink & Food di masa pandemic Covid-19 agar lebih berkembang dan maju dalam menarik konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun