Mohon tunggu...
Farda Firjanabila
Farda Firjanabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - NIM: 21070118140182

📍 Kelurahan Bulu Lor, Semarang Utara Fakultas Teknik - Teknik Industri Universitas Diponegoro KKN TIM II UNDIP 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Warga Kelurahan Bulu Lor Terhasut Hoaks Vaksin! Mahasiswa KKN Beraksi

30 Juli 2021   14:10 Diperbarui: 4 Agustus 2021   14:30 49 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warga Kelurahan Bulu Lor Terhasut Hoaks Vaksin! Mahasiswa KKN Beraksi
Penyerahan Poster Kepada Ketua RT 02, RW 01, Kel. Bulu Lor (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

SEMARANG (19/7/2021). Covid-19 menimbulkan banyak kerugian hampir di seluruh negara di dunia, seperti banyak yang kehilangan penghasilan, selalu bertambahnya korban jiwa karena Covid-19, dll.  Ketika muncul berita bahwa vaksin Covid-19 telah tersedia, banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Ketika seseorang terinfeksi virus corona, sistem imun tubuhnya akan terangsang untuk membentuk antibodi yang dapat mengenali virus tersebut sehingga kemungkinan tertular lagi menjadi lebih kecil. Artinya, orang tersebut lebih kebal atau imun terhadap Covid-19 dibandingkan dengan orang lain yang belum pernah terinfeksi. Vaksin Covid-19 menawarkan perlindungan berupa kekebalan tersebut tanpa perlu terinfeksi Covid-19 terlebih dahulu. Meskipun Vaksin ini belum bisa 100% melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, namun vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Vaksinasi ini juga bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Namun, banyak masyarakat yang masih memiliki pemikiran “Untuk apa melakukan vaksin jika masih dapat terjangkit virus corona?” selain itu, juga banyak oknum-oknum yang menyebarkan hoaks mengenai kandungan, bahaya, efek samping, dan berita negatif lainnya mengenai vaksin, tidak terkecuali untuk warga RW 01 di Kelurahan Bulu Lor.

Guna meluruskan kembali pemberitaan yang tidak benar karena semakin banyak berita hoaks dan pemikiran masyarakat yang masih salah mengenai vaksin Covid-19, KKN TIM II UNDIP 2021 memutuskan untuk melakukan kegiatan dengan nama “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menghadapi Covid-19 Melalui Vaksin”, kegiatan ini berupa sosialisasi dan penempelan beberapa poster mengenai vaksin. Terdapat 2 tujuan utama dalam melakukan kegiatan ini, yaitu ajakan vaksin dan edukasi pentingnya vaksin. Poster ditempel di beberapa tempat yang dapat dilihat oleh warga dan juga di share melalui Grup WhatsApp Paguyuban RW. Kegiatan ini didukung penuh oleh Bapak Gogot selaku RW 01, Kelurahan Bulu Lor dan juga Ketua-Ketua RT lainnya.

Poster Ajakan dan Manfaat Vaksin (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 
Poster Ajakan dan Manfaat Vaksin (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat agar turut mendukung program vaksinasi yang tengah gencar diupayakan oleh pemerintah saat ini agar kita semua dapat terhindar dari bahaya Covid-19 dan berperilaku bijak dalam memilah dan menyebarkan berita terutama yang berkaitan dengan kegiatan vaksinasi dan informasi lainnya seputar Covid-19 demi kemajuan Negara Indonesia.

Kelurahan Bulu Lor, Kecamatan Semarang Utara, Semarang

Link (bit.ly/Program_KKNUNDIP)

Writer : Farda Firjanabila (Fakultas Teknik-Teknik Industri)

Editor  : Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D

- KKN TIM II UNDIP TAHUN 2020/2021 -

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x