Mohon tunggu...
Farah Sadidah Achmad
Farah Sadidah Achmad Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika

Mahasiswa Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kreativitas dan Ide Bisnis

21 Juni 2021   11:40 Diperbarui: 21 Juni 2021   13:51 364 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka mengurangi pemanasan global dan membuat dunia menjadi lebih nyaman dan luas, saat ini  makin marak dan berkembang suatu gerakan yang disebut bike to work. 

Gerakan ini merupakan suatu Gerakan yang mampu membangkitkan kegiatan entrepreneurship dalam berbagai aspek. Seorang entrepreneurship yang kreatif akan menyebutkan beberapa produk antara lain : sepeda yang enteng untung dikayuh, sepeda yang menggunakan tambahan tenaga surya sebagai daya dorong, helm yang aman untuk pengendara sepeda, sepatu yang nyaman untuk pengendara sepeda saat mengayuh, botol minum yang praktis dan lain sebagainya.


Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa seorang entrepreneur mampu menciptakan ide produk dari hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal yang disebut hanya merupakan salah satu ciri, apa ciri-ciri lain yang menunjukan seseorang merupakan entrepreneur kreatif?

Kreativitas dan Entrepreneurship

Mengapa kreativitas diperlukan oleh seorang entrepreneur, apa ciri-ciri seorang entrepreneurship kreatif, serta cara-cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas.

Berbagai studi menunjukan bahwa perusahaan-perusahaan kecil menghasilkan inovasi untuk menyelesaikan masalah dan untuk menengsplotasi peluang yang dihadapi individu sehari-hari.


Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru untuk melihat masalah dan kesempatan. Dengan kreativitas seorang entrepreneur mampu menampilkan inovasi, yaitu kemampuan untuk mengaplikasikan solusikreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau mengembangkan kehidupan seseorang. Theodore levitt dari Harvard University mengatakan bahwa kreativitas adalah memikirkan hal-hal baru, sedangkan inovasi adalah melakukan hal-hal baru.


Kreativitas kadang muncul dari sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya. Kreativitas dapat merupakan hasil dari kolaborasi saat ini yang menyatukan hal-hal lama menjadi satu dalam cara yang baru atau mengambil sesuatu untuk menciptakan hal yang lebih sederhana atau lebih baik. Strangler memberikan contoh bahwa suatu kotak dapat menjadi suatu inovasi ketika digunakan untuk transportasi, misalnya digunakan oleh entrepreneur untuk memperingkas rantai pasokan dan mengurangi biaya transportasi.


Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan sesuatu yang penting dalam entrepreneur. Adapun kreativitas sendiri mengandung pengertian sebagai berikut :
1. kreativitas adalah menciptakan sesuatu yang asalnya tidak ada.
2. hasil kolaborasi saat ini untuk menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan hal lama yang sudah ada.
3. Mengganti sesuatu yang sudah ada dengan sesuatu yang lebih sederhana dan lebih baik.

Mengapa Kreativitas Diperlukan ?


Entrepreneurship adalah hasil dari Proses menerapkan kreativitas dan inovasi secara sistematis dan teratur terhadap kebutuhan dan peluang ada dalam pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau memecahkan masalah konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN