Farah Na

Trip Artikel Utama

#studidampak / Perjalanan Singkat Menyingkap Pariwisata Kota Ho Chi Minh

27 Juni 2018   12:57 Diperbarui: 28 Juni 2018   17:38 2402

Berwisata tidak selalu tentang tempat yang ingin di datangi tetapi bagaimana kita dapat melihat dan memaknai sebuah pariwsata dari sudut pandang yang berbeda.  Salah satu negara di semenanjung Indo-Cina yang memiliki pemandangan alam menakjubkan dengan jejak  peperang yang panjang. Vietnam.

Tak hanya karena keindahannya, kekayaan alam dan lokasi staregis dengann bentang garis pantai yang melintang di sepanjang negaranya membuat Vietnam menjadi salah satu tempat yang di impikan wisatawan untuk datang di kawasan Asia Tenggara.

Mengunjungi Ho Chi Minh City , Vietnamn sebuah perjalanan yang sudah diagendakan, untuk melengkapi sebuah tugas salah satu mata kuliah. Menikmati sisi lain keindahan Vietnam, selain Hanoi tentunya yang sudah menjadi maskot pariwisata Vietnam. Perjalanan yang cukup singkat untuk mempelajari dan menikmati pariwisata di Vietnam Selatan.

Ho Chi Minh City adalah kota terbesar dan pusat perdagangan di negara Vietnam. Sebelumnya dikenal dengan nama Saigon. Namun Ho Chi Minh City bukanlah pusat pemerintahan negara Vietnam. Citra perang yang dulu kental di Vietnam kini sudah hilang tergantikan dengan pariwsiata yang terus meningkat.

Ingin tahu bagaimana kisah perjalanan saya di Ho Chi Minh City?

Perjalanan  dari Jakarta menuju Ho Chi Minh City, Vietnam membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan udara. Dari Jakarta saya transit selama 1 jam di Changi International Airport Singapore lalu melanjutkan penerbangan ke Vietnam. Tiba di Tan Son Nhat Airport sekitar pukul 6 sore.

Proses imigrasi di Ho Chi Minh City tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama, serta tidak memerlukan visa karena kita masih berada di lingkup negara ASEAN.

Saya di jemput dengan sebuah bus dan seorang tour guide perumpuan asli Vietnam namun ia pandai berbahasa Indonesia, yang rupanya ia pernah mengenyam pendidikan selama satu tahun di Yogyakarta dan ia pun memiliki seorang suami yang berkebangsaan Indonesia.

Saya menginap di Universe Hotel, hotel bintang 3 ala Vietnam. Berlokasi di Distrik 1. Pembagian wilayah di Vietnam adalah menggunakan sistem distrik. Karena saat tiba di Ho Chi Minh sudah malam, agenda kegiatan dilaksanakan pagi hari di hari kedua.

Karena kunjungan saya ke Ho Chi Minh bukan semata-mata untuk berlibur layaknya tourist sesungguhnya, akan ada kunjungan kesebuah instansi pendidikan tinggi di Ho Chi Minh.

Kunjungan pertama saya setelah tiba di Ho Chi Minh City yaitu kami menuju Hoa Sen University. Melakukan MoU, Campus Tour, berbagi penampilan tarian khas, lalu mencicipi snack khas Vietnam.