Malang – Pada hari Sabtu, 3 April 2021, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Gajahrejo melakukan terapi bermain di SD Negeri Gajahrejo 1. Selama pandemi COVID-19 berlangsung, sekolah di Indonesia termasuk salah satunya SD Negeri Gajahrejo 1 melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang telah dilakukan sejak tahun 2020 ini menimbulkan stress tersendiri bagi siswa karena interaksi yang timbul antar teman terbatas, terlebih siswa SD masih memerlukan banyak eksplorasi terkait relasi dengan teman sebaya dan pembelajaran itu sendiri. Ketika siswa tidak mampu mengeksplorasi hal tersebut karena kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan daring, siswa cenderung sering mengalihkan eksplorasinya terhadap game online yang membuat nantinya siswa mengalami kecanduan pada gadget dan game online tersebut.
Pelaksanaan terapi bermain menjadi suatu inovasi bagi mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Gajahrejo dalam mengurangi kecanduan pada gadget dan game online siswa di masa pandemi COVID-19 yang menyebabkan terjadinya stress akademik pada siswa. Terapi bermain ini ditujukan kepada siswa yang berada di SD Negeri Gajahrejo 1 khususnya kelas 3 dan 5. Terapi bermain dilaksanakan oleh mahasiswa KKN yang berada di jurusan Psikologi. Permainan yang dilakukan yakni permainan “Ular Tangga Pendidikan” dengan media banner dan dadu. Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai dari pukul 07.00 dan berakhir pukul 09.30. Sebelum permainan berlangsung, mahasiswa KKN melakukan sesi tanya jawab kepada siswa kelas 3 dan 5 mengenai kesan-pesan pembelajaran daring yang telah terlaksana sejauh ini. Tidak sedikit dari mereka menjawab bahwa pembelajaran daring ini membosankan karena tidak bisa bertemu dengan teman-temannya.
Dalam kegiatan terapi bermain yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Gajahrejo 1 ini, siswa dapat bertemu dan berinteraksi dengan teman-temannya. Kegiatan terapi bermain ini berjalan dengan lancar dan baik karena adanya komunikasi antara mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang dengan siswa SD Negeri Gajahrejo 1. Siswa tersebut pun merasa senang dengan adanya kegiatan terapi bermain ini dan merasa kurang dengan durasi permainan yang telah dilakukan. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan media tersebut kepada pihak sekolah dengan harapan dapat menjadi media pembelajaran baru bagi guru dan bisa dimainkan oleh siswa disana ketika mereka mengalami stress.
Penulis : Faradiba Permatahati – Mahasiswa KKN UM Gajahrejo.