Mohon tunggu...
Faqih Ma arif
Faqih Ma arif Mohon Tunggu... Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

WHO Usung "Support Nurses and Midwifes" di Ulang Tahun ke-72

7 April 2020   00:07 Diperbarui: 7 April 2020   00:05 45 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
WHO Usung "Support Nurses and Midwifes" di Ulang Tahun ke-72
Ilustrasi Harlah WHO | who.int/news-room

Nurses and midwives are the backbone of every health system: in 2020 we're calling on all countries to invest in nurses and midwives as part of their commitment to health for all." - Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, WHO Director-General dilansir dari laman resmi WHO

Hari ini merupakan ulang tahun "Hari Kesehatan Dunia" yang sekaligus menandai didirikannya Organisasi Dunia atau World Health Organization pada 07 April 1948 atau 72 tahun silam. 

Keputusan tersebut diambil berdasarkan pada Majelis Kesehatan dunia untuk pertama kalinya pada 1948. Dalam acara tersebut, majelis memutuskan bahwa pada 07 April merupakan Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kali dua tahun selanjutnya, atau pada tahun 1950. Kenapa perlu dibahas, karena kita tahu, WHO saat ini menjadi sumber informasi terpercaya di dunia, dalam merilis berita resmi tentang pandemi COVID-19. Sebagian kecil mengerti, tapi penulis yakin banyak dari kita yang belum memahaminya, mari kita simak bersama.

Selayang pandang WHO
Tujuan didirikannya WHO menurut konstitusi adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan. Adapun tugas WHO selanjutnya adalah membasmi penyakit, khususnya penyakit menular yang telah menyebar luas, seperti saat ini yang sedang ditangani adalah Pandemi COVID-19.

WHO merupakan sebuah organisasi atau badan khusus yang dimiliki Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Organisasi ini bertugas untuk mengatasi kesehatan masyarakat International. Jenewa, Swiss, merupakan kantor pusat WHO, yang terdiri dari kantor semi-otonom, serta 150 kantor lapangan yang berada diseluruh dunia.

Seperti disebutkan di atas bahwa, WHO pertama kali ada pada Hari Kesehatan Dunia (07 April 1948), yang berhasil diratifikasi oleh ke dua puluh enam anggota PBB pada saat itu. Adalah Jawarharlal Nehru yang merupakan pejuang kebebasan dari India, yang menyuarakan tentang adanya WHO. 

Dilansir dari Wikipedia.org bahwa pada waktu tersebut, aktifitas WHO merupakan sisa kegiatan Liga Bangsa BAngsa dan kemudian di atur oleh komisi interim pada tahun 1946. Pergantian nama selanjutnya dilakukan melalui Resolusi Majelis Umum PBB. Pada tahun tersebut, Perancis dmasukkan dalam komisi Interim WHO pada 01 Januari 1947 untuk pelayanan epidemiologi Office International d'Hygiene Publique.

WHO menginformasikan bahwa organisasi tersebut telah berperan penting untuk kesehatan international dalam waktu 50 tahun, termasuk didalamnya adalah perubahan iklim, kesehatan mental dan lain sebagainya. Saat ini, WHO memiliki Direktur Jenderal bernama Tedros Adhanom yang menjabat sejak 2017 yang lalu. Adapun Direktur Jenderal ini telah berganti untuk ke-sembilan kalinya sejak Organisasi ini didirikan.

Jargon WHO ditengah pandemi COVID-19
WHO mengusung tema tentang kesehatan di hari ulang tahunnya, ditengah pandemic COVID-19 ini, WHO mengambil tema berupa "Support Nurses and Midwifes". Makna dari tema tersebut adalah bahwa masyarakat di dunia diminta untuk menghormati kontribusi perawat dan bidan dalam menjaga dunia tetap sehat.

Ilustrasi tenaga keseahatan | who.int/news-room 
Ilustrasi tenaga keseahatan | who.int/news-room 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x