Mohon tunggu...
fanny nugraheni
fanny nugraheni Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas kuliah

hii, this is my first article

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Selama Pandemi di Universitas Aisyiyah Yogyakarta

25 Januari 2022   18:48 Diperbarui: 25 Januari 2022   18:49 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

       Sudah hampir 2 tahun pandemic Covid-19 berlansung di Indonesia Karena adanya penyebaran Covid-19 ini memaksa mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan jarak jauh ( daring). Sistem pembelajaran daring ini membuat mahasiswa berkompromi dengan keadaan. Hasil Lembaga Survei Indonesia menunjukkan, 70% responder menggunakan media sosial, seperti Whatsapp, Telegram untuk pembelajaran jarak jauh ( daring ) selama pandemic virus Covid-19. Sebanyak 42% responden memilih aplikasi Zoom untuk daring, 31% responden menggunakan Google Meet untuk daring. Sementara, kurang dari 10% responden yang menggunakan aplikasi lainnya , seperti Discord, Cisco Webex, Micosoft Team, dan lain-lain untuk daring. 

      Pemanfaatan Media Sosial dalam pembelajaran di Universitas Aisyiyah Yogyakarta sudah dilakukan sejak pertama kali pandemic Covid-19 ini muncul. Adapun media pembelajaran yang digunakan UNISA dalam melaksanakan perkuliahan daring tersebut yaitu melalui media Zoom, Google Meet, Lensa Unisa, dan lain-lain. Tidak hanya itu UNISA juga membuat aplikasi untuk mahasiswa nya melakukan presensi secara mandiri yang dinamakan UNISA_Swamahasiswa. 

     Tetapi hal ini ternyata dirasakan membosankan bagi sebagian mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan mungkin bagi sebagian mahasiswa Universitas lainnya. Banyak mahasiswa yang mengeluh dengan proses perkuliahan daring ini. Mulai adanya rasa bosan yang dirasakan mahasiswa, banyak nya tugas yang diberikan dosen, dan adanya kerinduan untuk bertemu dengan teman-teman, serta ingin merasakan perkuliahan tatap muka yang menurut mereka sangat membantu dalam memahami materi pembelajaran secara efektif.

      Sekarang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Universitas Aisyiyah Yogyakarta sudah mulai dilaksanakan, tetapi dengan beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak Universitas. Seperti mahasiswa sudah harus vaksin dosis pertama, melampirkan surat keterangan hasil Swab Antigen H- 1 pembelajaran tatap muka juga mahasiswa diharuskan mentaati 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

     Adapun sistem pembelajaran yang digunakan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta yaitu dengan sistem Blended Learning, yang dimana sistem pembelajaran offline ini banyak diperuntungkan untuk kelas praktik ataupun evaluasi, sedangkan untuk kelas teori masih menggunakan media seperti Zoom, Google Meet, Lensa Unisa dan lain-lain.

    Dengan demikian, pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran dimasa pandemic yang dilakukan Universitas Aisyiyah Yogyakarta sudah sangat membantu mahasiswa nya dalam menjalankan perkuliahan meskipun hanya melalui media sosial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan