Mohon tunggu...
Fanny Fatma Wati
Fanny Fatma Wati Mohon Tunggu... Universitas Bina Sarana Informatika

Hidup itu seperti sebuah pohon yang tumbuh di gunung dan dikelilingi dengan air kawah. Meskipun daunya satu persatu mulai berguguran namun ia berusaha untuk tetap kekar dan terus berkembang.Ia hanya berharap dan yakin akan ada hujan turun yang membuatnya tetap hidup dan bertahan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MGBK SMK Kota Tegal dan UBSI Adakan Webinar Nasional untuk Persiapan Karier Peserta Didik di Era New Normal

18 Januari 2021   18:28 Diperbarui: 18 Januari 2021   18:38 38 1 0 Mohon Tunggu...

Tegal-Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali memberikan edukasi melalui webinar nasional. Kali ini, webinar diselenggarakan atas kerjasama dengan MGBK SMK Kota Tegal. Webinar Nasional kali ini mengambil tema Peran Guru BK dalam Perencanaan Karir Peserta didik dan Workshop pembuatan video pembelajaran dengan powerdirector".. Webinar Nasional diselenggarakan pada hari Senin, 18 Januari 2021 pukul 09.00-12.00 WIB melalui live pada Zoom dan Youtube.

Pada webinar kali ini, UBSI menghadirkan Dra. Windaniati, M.Pd selaku  Ketua MGBK SMK Provinsi Jawa Tengah. Dalam paparannya, Dra. Windaniati, M.Pd menyampaikan tentang Bagaimana cara untuk mendampingi Siswa dan Merencanakan karir siswa dalam dunia karir yang berubah.

" Dalam riset World Economic Forum (WEF) memprediksi kemampuan yang akan semakin dibutuhkan ke depannya, yaitu pemikiran kritis dan analitis, kreativitas dan inovasi, penggunaan dan desain teknologi, kemampuan menyelesaikan masalah, fleksibilitas, kemampuan menghadapi stress serta kepemimpinan dan pengaruh sosial", jelas Windaniati

Setelah pemaparan dari Keynote Speaker, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para pembicara. Tidak tanggung-tanggung, UBSI menghadirkan sekjen MGBK Indonesia dan sekaigus sebagai ketua MGBK SMK Kota Bogor, Beliau adalah Karyadi, M.Pd .Narasumber pertama memberikan pemaparan tentang "Strategi Layanan Bk Kreatif Untuk Persiapan Karir Peserta Didik Di Era New Normal".

Tantangan pendidikan SMK dimasa depan diantaranya Revolusi Industri  4.0 dimana diskrupsi besar-besaran manuasi pekerjaannya di gantikan oleh robot, Globalisasi dimana jutaan tenaga kerja cakap akan bermigrasi antar negara ASEAN, Kebutuhan Domestik dimana akan terjadi kurangnya tenaga kerja cakap pada 2030, Milenial Z-Gen dimana manusia akan lebih aktif di sosial media. Ujar Karyadi

Selanjutnya, pemaparan materi dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu Herlan Sutisna, M.Kom selaku Conten Creator UBSI Tasikmalaya. Herlan memberikan workshop terkait pembuatan vidio pembelajaran dengan mudah cukup menggunakan hp yaitu dengan aplikasi powerdirector. Tentunya, materi yang lebih interaktif akan membuat peserta didik tidak mudah merasa bosan. Dengan media pembelajaran yang menarik diharapkan siswa/siswi tidak mudah jenuh saat belajar terutama di era pandemi Covid-19 dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Seluruh peserta webinar MGBK SMK Kota Tegal dan UBSI sangat antusias mengikuti webinar. Hal itu ditunjukan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepada kedua narasumber. Kedepannya, UBSI akan terus bekerjasama dengan Forum Guru untuk memberikan edukasi terkait pembelajaran yang interaktif di era kebiasaan baru.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN