Mohon tunggu...
FFW
FFW Mohon Tunggu... Universitas Bina Sarana Informatika

-

Selanjutnya

Tutup

Karir

Mau Kuliah Dulu atau Kerja Dulu? Dua-duanya Bisa?

24 September 2020   17:21 Diperbarui: 24 September 2020   17:38 10 0 0 Mohon Tunggu...

Selamat buat kalian siswa/i SMA/K maupuhn MA, yang sudah melaksanakan ujian Nasional dan sudah di nyatakan lulus. Saat ini pasti kalian merasa lega kan, setelah pengumuman hasil kelulusan.

Setelah lulus kalian pasti di hadapkan dengan dua pilihan, Kuliah dulu? Atau Kerja Dulu? Betul kan?

Sebaiknya kalian sudah memiliki jawaban jauh sebelum masa kelulusan. Keputusan tersebut sangat di perlukan agar kalian tidak salah mengambil keputusan. Tapi tahukah kalian, jika saat ini bekerja sambil kuliah adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Jadi setelah lulus, bisa memilih keduanya yakni bekerja sambil kuliah. Nah apa sih yang harus dilakukan untuk mendukung keduanya? Tentu langkah pertama, kalian harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus yang mendukung kalian untuk melakukan kuliah sambil bekerja.

Agar tidak bingung, simak gambaran berikut ini mengenai perbedaan bekerja dan kuliah yang nantinya bisa kalian jadikan referensi dalam membuat keputusan.

Berikut adalah kelebihan jika kalian memilih Kuliah:

1.Bangku Kuliah akan membekali kalian dengan ilmu
Mengenyam pendidikan di kampus, menjadi tempat belajar yang kondusif. Kalian akan diajari teori hingga praktik disini. Di tempat itu juga, menjadi ajang untuk memperluas wawasan kalian dan ajang untuk melakukan berbagai percobaan yang kalian sukai sesuai dengan keinginan dan bakat yang di miliki (penelitian).

2.Memperdalam teori yang sudah di dapatkan sebelumnya
Ilmu yang di dapatkan dibangku kuliah nantinya akan sangat berguna dan dapat diterapakan di dunia kerja, sehingga bisa mendukung kalian saat terjun ke dunia kerja nantinya.

3.Mendapatkan ijazah dan gelar sarjana
 Memilih melanjutkan studi tidak ada ruginya, selain mendapatkan ilmu teori dan praktik di bangku kuliah, yang terpenting adalah ijazah dan gelar sarjana. Seperti yang kita lihat di dunia kerja bahwa ijazah dan gelar sarjana masih menjadi patokan perusahaan dalam merekrut karyawan dibandingkan dengan pengalaman bekerja.
Selain itu, prestasi dan aktivitas selama menjadi mahasiswa serta keaktifan di berbagai organisasi, sangat menunjang kesempatan karier yang lebih besar dan cemerlang. Karena biasanya perusahaan akan melihat latar belakang pendidikanmu terlebih dahulu.

Kelebihan jika kalian memilih bekerja :

1. Mandiri Secara Keuangan
Jika sudah bekerja maka kalian akan menerima gaji dari hasil kerja keras kalian dan kalian bisa bebas mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan hidup. Seperti menabung dan kebutuhan lainya.

2. Bekerja akan membuatmu lebih open-minded(Membuka pikiran)
Dunia kerja pastinya sangat jauh berbeda dengan dunia akademik, namun dua hal tersebut mempunyai titik temu dimana ilmu pengetahuan yang di dapatkan dibangku kuliah bisa digunakan dan di terapkan di dunia kerja.

3. Pengalaman bekerja di utamakan
Saat kalian sudah berkecimpung dalam dunia kerja pasti akan mendapatkan pengalaman. pengalaman tersebut menjadi salah satu point utama dalam proses perekrutan karyawan, karena selain melihat dari latar belakang pendidikan selanjutnya mereka juga akan perdalam sejauh mana pengalamanmu di dunia kerja.


Memilih bekerja dulu atau kuliah dulu bukanlah pilihan benar atau salah. Keduanya adalah pilihan terbaik dan benar jika memang sesuai dengan passion kalian. Bukankah kalian juga bisa bekerja sambil kuliah atau sebaliknya kuliah sambil bekerja?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN