Mohon tunggu...
Fanny PrintiArdi
Fanny PrintiArdi Mohon Tunggu... Dosen - Sosial media enthusiastic lecture

Melukis dengan Huruf

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Logo Baru Facebook

20 Desember 2019   22:32 Diperbarui: 20 Desember 2019   23:02 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang beberapa dekade terakhir ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. 

Sejak berdirinya ditahun 2004 facebook menggunakan logo yang sama sampai akhirnya berganti, karena merasa sudah saatnya logo facebook bisa mewakili keseluruhan jaringan bisnis didalamnya. 

Facebook memiliki lebih dari 74 anak perusahaan, termasuk didalamnya terdapat aplikasi terkenal seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan lainnya. Awalnya facebook hanyalah sebuah aplikasi sosial media namun sekarang telah berubah menjadi perusahaan multi platform.

Perubahan logo baru ini merupakan langkah baru facebook untuk memperjelas produk dan layanan dari facebook. Brand baru facebook ingin merepresentasikan kebergaman produk yang di bangun, serta ingin membedakan facebook sebagai perusahaan dan facebook sebagai aplikasi.

Brand dan logo baru ini dirancang oleh desainer in-house Dalton Maag and Saffron. Tantangan yang mereka hadapi dalam mendesain ulang adalah masyarat dunia sudah memiliki asosiasi otomatis terhadap kata facebook dengan sebuah aplikasi sosial media. Berdasarkan tantangan dan riset yang mendalam kedua desainer ini akhirnya memiliki beberapa fundamental yang digunakan dalam mendesain logo facebook ini.

  • Clarity: a brand that simplifies and builds understanding
  • Empathy: a system that is respectful of context and environment
  • Creating Space: design that supports people and their stories"

Clarity atau kejelasan dalam logo ditunjukan dengan menggunakan logotype dan tidak menggunakan logo gram. Logo divisualkan menggunakan typography sans-serif dengan sudut yang melengkung. Implementasi clarity dalam logo ini juga terlihat dari jarak antar huruf (kerning). 

Jadi pada saat logo dalam ukuran yang kecil jarak ini memberikan efek keterbacaan yang baik. Coba perhatikan pada halaman loading instagram dan whatsapp, dibawah layar terdapat logo baru facebook dengan ukuran yang kecil dan masih bisa terbaca.

Penggunaan warna pada logo tidak seperti logo-logo perusahan pada umumnya, alih-alih memilih satu buah warna untuk mewakili perusahaannya, facebook memilih beberapa warna yang dapat merespon konteks dan lingkungan yang ada. 

Kita coba lihat lagi penggunaan logo facebook di instagram dan whatsapp, keduanya memiliki warna yang berbeda. Konsep pemilhan warna ini merupakan wujud dari konsep empathy yang ingin mendekatkan antara perusahaan facebook itu sendiri dengan produk yang dikembangkan didalamnya.

Sumber : https://www.underconsideration.com/
Sumber : https://www.underconsideration.com/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun