Mohon tunggu...
fankymon
fankymon Mohon Tunggu... Ilmu teknology

Informasi teknology

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Kelebihan dari Panel Surya Daripada Generator Berbahan Bakar

12 Oktober 2019   18:56 Diperbarui: 12 Oktober 2019   18:59 49 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagian besar orang mungkin sudah tahun apa kegunaan dari panel surya dan apa kelebihan Dari panel Surya itu sendiri.

Ya, panel surya atau solar panel adalah sebuah alat yang dapat mengubah cahaya dari sang surya menjadi energy listrik ramah lingkungan dan tidak akan habis, sehingga sangat cocok untuk di pakai dalam jangka panjang.

Mengapa panel surya lebih ramah lingkungan dari pada generator berbahan bakar?

Sebab panel surya tidak membutuhkan bahan bakar apapun sehingga tidak ada sedikitpun komponen yang bergerak dan tidak mengeluarkan suara yang bising.

Kekurangan

Panel surya hanya menghasilkan listrik di siang hari saja karena ia hanya akan menghasilkan energi listrik ketika ada cahaya matahari. Sedangkan generator yang berbahan bakar dapat menghasilkan energi di waktu kapanpun selagi ada supply bahan bakar yang masuk, akan tetapi generator ini akan mengeluarkan suara yang bising dan menimbulkan polusi udara.

Bukan hanya di luar negri saja yang sudah menggunakan teknology terbaru ini, namun di Indonesia juga sudah cukup banyak orang yang mulai menggunakan panel surya sebagai sumber energy untuk menyupply kebutuhan listrik mereka.

Untuk bisa mengaplikasikan panel surya untuk menyupply energy dalam kebutuhan rumah tangga dengan daya standar harganya masih menyentuh angka 15 juta'an.

Akan tetapi setelah panel surya tersebut telah terpasang sudah bisa menggunakan energy tanpa biaya bulanan. Panel surya sendiri juga dapat di gunakan hingga puluhan tahun lamanya, jadi tidak ada yang rugi.

Alat ini sangat cocok untuk di pasang di tempat yang belum ada jaringan PLN, penerangan jalan, lampu taman, irigasi dan masih banyak lagi.

VIDEO PILIHAN