Mohon tunggu...
Fanisya Intan Oktavia
Fanisya Intan Oktavia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Have courage and be kind

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Pancasila: 5 Mutiara Penuh Makna bagi Generasi Milenial

9 November 2020   16:10 Diperbarui: 9 November 2020   16:24 306 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pancasila: 5 Mutiara Penuh Makna bagi Generasi Milenial
Source : lintaspublik.com

Pancasila merupakan hasil pemikiran dari founding fathers yang digali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa. Sejak zaman kemerdekaan sampai saat ini, Pancasila telah menunjukkan fleksibilitas dan relevansinya dalam menghadapi berbagai perkembangan dan dinamika kehidupan. 

Sebagai ideologi negara, Pancasila merepresentasikan visi dan tujuan yang hendak dicapai oleh bangsa Indonesia serta dapat menjadi control device untuk mengetahui sejauh mana progress Indonesia dalam menggapai cita-citanya. Sementara itu, sebagai dasar negara, Pancasila merupakan pondasi dan pedoman dalam menjalankan pemerintahan di Indonesia.

Saat ini, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah generasi milenial. Generasi ini lahir di era pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Oleh karena itu, tidak heran jika mereka sangat akrab dengan hal-hal berbau iptek.

Jika ditinjau lebih lanjut, generasi ini kini telah memasuki usia produktif sehingga partisipasi, ide cemerlang, dan perilaku positifnya sangat diharapkan bagi kemajuan Indonesia di masa depan.

Sebagai generasi harapan bangsa, kecenderungan milenial dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi memberikan dua dampak yang saling bertentangan. Di satu sisi, penguasaan terhadap teknologi informasi dapat menciptakan value dan menjadi modal tersendiri dalam menghadapi globalisasi.

Namun, di sisi lain, perkembangan iptek di era globalisasi memungkinkan kita untuk dapat mengakses berbagai hal dari seluruh dunia. Kemudahan untuk berinteraksi dan keterbukaan dengan dunia luar berpotensi mempengaruhi perilaku dan pola pikir generasi milenial. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang perlahan mulai meninggalkan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia, lalu memilih untuk menerapkan gaya hidup modern yang belum tentu sesuai dengan jati diri bangsa.

Pada kondisi ini, Pancasila memegang peranan penting sebagai filter dan tembok pembatas yang mampu memisahkan pengaruh luar yang positif dan bersifat membangun dengan yang negatif dan berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.

Pancasila juga memiliki dimensi realitas, yaitu perumusannya digali dari bumi dan jiwa bangsa Indonesia sendiri sehingga ideologi ini bersifat unik dan hanya ditemui dalam diri bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila dapat menjadi cerminan untuk mengetahui seberapa besar jiwa ke-Indonesia-an yang tertanam dalam diri generasi milenial.

Apabila milenial menyadari dan bersedia memupuk jiwa Pancasila dalam dirinya, mereka tidak akan kehilangan arah di tengah arus globalisasi.

Source : wallpaperaccess.com
Source : wallpaperaccess.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x