Mohon tunggu...
Fania Nur Azhani
Fania Nur Azhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Keperawatan

Akademik Keperawatan Hermina Manggala Husada Angkatan 28

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mari Hidup Sehat Jangan sampai Obesitas

30 November 2021   10:54 Diperbarui: 30 November 2021   12:59 80 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.pngdownload.id/png-ccjnxe/

Obesitas dan memiliki badan yang gemuk karena otot adalah dua keadaan yang berbeda. Obesitas merupakan suatu keadaan dimana terjadinya penumpukan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh. Sehingga kondisi tubuh menjadi buruk dan nampak tidak sehat.

Obesitas dapat terjadi karena memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti makan-makanan yang tidak seimbang, jarang bergerak dan melakukan olahraga, kurang tidur, mengonsumsi obat-obatan, stress, bahkan bisa juga disebabkan oleh faktor genetik, usia dan lingkungan sekitar.

Apabila Anda merasakan gejala awal obesitas seperti berat badan yang tiba-tiba naik secara drastis dan tubuh sulit bergerak saat melakukan aktivitas, diharapkan untuk segera melakukan pemeriksaan dengan dokter atau ahli gizi guna mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat untuk tubuh Anda.

Namun, jika anda merasakan gejala awal obesitas dan mengabaikannya, Anda harus siap jika sewaktu-waktu timbul banyak penyakit pada tubuh Anda, seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan diabetes yang dapat menimbulkan banyak komplikasi pada organ-organ penting di dalam tubuh.

Maka dari itu, kita harus mulai melakukan pencegahan agar tidak mengalami obesitas, dengan cara mengatur pola makan dengan makan-makanan yang mengandung serat dan protein rendah lemak, serta hindari makanan yang mengandung banyak gula dan minyak. Kemudian aktif dalam berolahraga minimal 5 kali dalam seminggu, perbanyak konsumsi buah dan sayur, rutin minum air putih, dan istirahat atau tidur dengan cukup.  

Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda akan menerapkan pola hidup sehat di kehidupan sehari-hari agar tidak ada resiko terjadinya obesitas pada tubuh Anda.

Oleh: Fania Nur Azhani - Mahasiswi Akademik Keperawatan Hermina Manggala Husada

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan