Mohon tunggu...
Fani Satya Pranowo
Fani Satya Pranowo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Tentor les murid SD, Freelance Penulis Artikel

Hobi : Menulis artikel, menyanyi, Topik Konten Favorit : Game, Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Covid Masih Ada di Indonesia

19 Agustus 2022   14:56 Diperbarui: 19 Agustus 2022   15:16 118 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi COVID-19  (freepik.com/starline)

Masyarakat Indonesia sudah berjalan-jalan ke luar rumah, melakukan kegiatan desa bersama,  pergi ke Alun-Alun kota, ke minimarket, ke Apotek, bahkan terkadang beli baju di mall yang tidak begitu besar pun terkadang ada yang tidak menggunakan masker. Dan, sekarang aturan untuk mencuci tangan semakin jarang untuk dilakukan.

Apakah, sebenernya boleh pergi keluar rumah tanpa menggunakan masker?. Lalu, bagaimana dengan aturan untuk mencuci tangan yang dulu selalu diterapkan hampir di banyak tempat sebelum masuk tempat?. Yaa, itu semua akan terjawab disini.

Sebenarnya, untuk sekarang Presiden Joko Widodo sudah memberikan pelonggaran untuk aturan penggunan masker saat pergi keluar rumah. "Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker"  ujar Jokowi.

Vaksin Covid ( (Shutterstock/Amazein Design)
Vaksin Covid ( (Shutterstock/Amazein Design)

Lalu, apakah semua kegiatan diatas sudah menjadi syarat untuk tidak menggunakan masker?. Ya, jawabannya tidak.

Karena, dari semua tempat yang dikunjungi diatas tempatnya. Ada yang kegiatan padat orang, dan ada yang kegiatan tidak padat orang. Contoh dari tempat yang biasanya memiliki kegiatan padat orang adalah : Tempat untuk beli baju di mall yang tidak begitu besar. Meskipun, bukan mall besar. Tetapi, masyarakat akan berpikir cara beli terdekat dari rumah mereka adalah mall tersebut. 

Meskipun, mall itu tidak terlalu besar. Tapi, mungkin barang yang dipunyai mall itu bisa dibilang cukup komplit. Sehingga, orang-orang tidak akan pergi ke mall yang jauh. 

Jika, yang dekat ada dan barangnya komplit. Lalu, untuk mencuci tangan disarankan masih tetap dilakukan supaya tangan kita tetap bersih, Disarankan untuk membawa hand sanitizer saja. Untuk berjaga-jaga jika di tempat yang kita akan kunjungi tidak ada tempat cuci tangannya.

Lalu, bagaimana jika saat sedang menggunakan transportasi umum seperti angkutan umum, kereta api, pesawat terbang, dan kapal apakah kita harus memakai masker atau kita tidak perlu memakai masker?. Dan, apakah semua usia boleh mengikuti aturan dari pak Joko Widodo tadi?

Pak Joko Widodo pun menambahkan untuk atarunnya bahwa : "Namun kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan