Mohon tunggu...
Fanesa maura
Fanesa maura Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UIN STS JAMBI

Masih Pemula

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Ayo Bangkitkan Semangat Sambut PON Papua 2021 Mentari Harapan Baru dari Timur

28 Juli 2021   19:10 Diperbarui: 28 Juli 2021   19:11 917 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Bangkitkan Semangat Sambut PON Papua 2021 Mentari Harapan Baru dari Timur
PON XX PAPUA 2021, Foto : kumparan.com

Indonesia mengadakan Pesta Olahraga Nasional/ PON setiap 4 tahun sekali yang sampai saat ini telah dilaksanakan sebanyak 20 kali. Pertama kali Pesta Olahraga Nasional/PON ini diselenggarakan di Solo yang dipusatkan di Stadion Sriwedari Solo dengan lebih dari 40.000 penonton pada 9 September 1948 yang dibuka langsung oleh Bapak Presiden Soekarno. Kali ini pada Pesta Olahrga Nasional/PON XX yang pertama kalinya diadakan di Papua yang menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pihak Provinsi Papua.

Tapi, tahukah kalian apa itu PON XX PAPUA 2021 ?

Ya, benar sekali. PON PAPUA 2021/PON XX atau lebih jelasnya yaitu Pekan Olahraga Nasional XX ini adalah kompetisi perlombaan olahraga tingkat Nasional utama Pekan Olahraga Nasional yang diadakan di Indonesia bagian Timur yaitu Papua, Indonesia. Kompetisi ini akan berlangsung selama 13 Hari mulai dari tanggal 2 Oktober 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021. Kompetisi ini diadakan pada tahun ini yang seharusnya diadakan pada tahun 2020 lalu karena adanya Pandemi Covid-19 yang sangat hangat diperbincangkan dan sangat berbahaya saat itu. Papua dipilih sebagai lokasi dari kompetisi ini setelah berhasil mengalahkan Aceh dan Bali untuk menjadi tuan rumah PON XX/2020 karena mendapatkan 66 suara dalam pemungutan suara pemilihan tuan rumah pada Rapat yang dilakukan oleh sekelompok Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Kemudian, Stadion Papua Bangkit atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Stadion Lukas Enembe yang memiliki muatan sekitar 40.000 kursi tempat duduk dan menjadi salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Pasifik dengan luas 13,7 hektar ini telah dipilih sebagai lokasi utama dari penyelenggaraan PON XX PAPUA 2021 ini yang memenuhi standar kompetisi Internasioanl. Tidak hanya itu, Lokasi lain juga telah disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Lokasi penggelaran tersebut meliputi Area Aquatic, Distrik Sentani Timur, Lapangan hoki dalam dan luar ruangan yang berada di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Arena Cricker, dan Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan yang dilengkapi fasilitas tempat latihan dan juga wisma atlet. Selanjutnya, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayapura juga telah dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan PON XX PAPUA 2021 ini. Kemudian, berdasarkan SK KONI No 100 Tahun 2019, cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kompetisi ini ada 56 cabang olahraga yang sebelumnya ditetapkan sebanyak 47 cabang olahraga, namun dikembalikan menjadi 56 cabang olahraga seperti semula. Adapun 10 cabang olahraga yang sempat dihapus dalam kompetisi ini yaitu balap sepeda, dansa, gateball, golf, bridge, ski air, tenis meja, petanque dan woodball. Tidak hanya itu, pada kompetisi ini juga menghadirkan cabang olahraga elektronik atau eSports sebagai cabang ekshibisi.

Pada kompetisi PON XX PAPUA 2021 ini tentunya memiliki Tagline yang menjadi penyemangat khas Papua yang diharapkan mampu menyesuaikan diri pada kondisi Pandemi Covid-19 ini yaitu adalah "Torang Bisa".

Kemudian, Maskot PON XX PAPUA 2021 ini adalah dua hewan khas dari Provinsi Papua yaitu Akronim Kangguru Pohon mantel emas yang diberi nama Kangpho dan juga menghadirkan Burung Cendrawasih yang diberi nama Drawa. Kedua Maskot ini mempunyai ciri dan makna tersendiri, seperti Kangpho yang menggunakan mahkota dengan ikon Gunung Jayawijaya pada bagian depan, kemudian untuk mencerminkan representasi busana Khas Papua dengan menggunakan rumbai di kepala dan pinggangnya serta dilengkapi dengan ukiran khas Papua. Selanjutnya, Drawa juga memiliki rumbai serta mahkota dikepalanya. Pada bagian dada Drawa ada tali yang berwana merah putih dan jingga yang melambangkan kehangatan, cinta kasih dan persahabatan. Warna kuning yang melambangkan semangat dan kegembiraan dari perwakilan warna Burung Cendrawasih.

Kemudian untuk logo yang dipakai dalam kompetisi PON XX PAPUA 2021 ini  menggambarkan Stadion utama yang digunakan yaitu Stadion Lukas Enembe yang merupakan simbol kemegahan Khas Papua di bidang olahraga. Logo dari PON XX PAPUA 2021 ini mempunyai makna tersendiri yaitu melambangkan Papua memiliki banyak gunung dan memiliki kekayaan SDA yang melimpah pada bagian depan yang digambarkan 3 buah segitiga. Kemudian terdapat juga tiga lingkaran yang berwarna kuning, merah dan hijau yang melambangkan prestasi, sportivitas dan juga solidaritas.

Tidak hanya itu, pada kompetisi ini juga menghadirkan lomba menulis Artikel Blog kepada seluruh penulis di Indonesia. Dengan tawaran hadiah sejumlah uang tunai dan Merchandise PON XX Papua 2021, kompetisi menulis ini tentunya mempunyai tata cara, syarat dan ketentuan yang berlaku. Kompetisi menulis ini diadakan oleh akun Media Sosial Instagram @ponxx2020papua yang tenggatnya akan berakhir pada 30 Juli 2021 dan pengumuman pemenang pada 10 Agustus 2021. Adapun tema dari kompetisi menulis ini yaitu "Mentari Harapan Baru Dari Timur" dengan menggunakan tagar #PondemiKompetisiBlog #PONDEMI #MentariHarapanBaruDariTimur pada Artikel Blog peserta kompetisi.

Dengan adanya PON XX PAPUA 2021 di masa Pandemi ini tidak menjadikan semangat pemuda dan semangat Olahragawan Indonesia menjadi melemah. Para atlet terbaik Indonesia dari seluruh Provinsi akan berkumpul dan berkompetisi di ajang olahraga PON XX PAPUA 2021 ini dengan penuh semangat. Maka dari itu, diharapkan untuk penyelenggara kompetisi PON XX PAPUA 2021 ini harus terus menerapkan Protokol Kesehatan yang berlaku. Tidak hanya kepada olahragawan saja, kepada peserta kompetisi penulis Artikel Blog PON XX PAPUA 2021 dengan tema "Mentari Harapan Baru Dari Timur" ini juga diharuskan untuk selalu berpikiran positif agar karya tulis yang dihasilkan mampu menambah pengetahuan serta wawasan bagi pembacanya. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia marilah kita sambut PON XX PAPUA 2021 ini dengan antusiasme dan energi yang tinggi sehingga mampu menyukseskan keberlangsungan kompetisi ini yang meriah dan kian menggelora. Torang Bisa!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN