Mohon tunggu...
Fanar Ferdiansyah
Fanar Ferdiansyah Mohon Tunggu... wiraswasta -

Saya penulis pemula yang sedang belajar banyak

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

4 Museum terbaik di Inggris

30 Januari 2014   15:13 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:19 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

The Great Museum North: Hancock

The Great Museum North: Hancock merupakan sebuah museum yang memiliki koleksi yang sangat lengkap dan didukung oleh teknologi tinggi. Koleksi benda yang ada merupakan gabungan dari Natural History Society of Northumbria (NHSN), Society of Antiquaries of Newcastle Upon Tyne (SANT) (Newcastle University Museum of Antiquities), Museum Shefton dan Galeri Hatton.

Pengunjung dapat menikmati semua koleksi yang dibagi menjadi beberapa area yang atraktif Saat memasuki aula utama kita akan disambut oleh replika kerangka dinosaurus T-Rex dan maket dari tembok besar Hadrian Wall Path.Ruangan yang luas membuat anak – anak leluasa untuk menikmati koleksi yang ada.

Di area Natural Science kita dapat melihat replika hewan dari seluruh dunia yang diletakkan dalam etalase yang disusun rapi. Salah satu yang menarik di area ini yaitu patung gajah Afrika yang nampak seperti aslinya. Beragam jenis burung, invertebrata, tumbuhan dan koleksi tulang belulang yang dipajang menambah kesan alami. Selain itu kita juga dapat menggunakan fasilitas komputer layar sentuh yang canggih.

Saat memasuki area Geology dan Archeology Anda dapat melihat rincian perubahan keadaan permukaan kepulauan Inggris sekitar 12.000 tahun terkahir. Pengunjung juga dapat melihat sekitar 9.000 jenis mineral dari Inggris dan seluruh dunia. Beberapa spesimen di sana sangat langka dan berharga.Koleksi mineral dipandang sebagai sumber daya tak tergantikan untuk studi peningkatan mineralogi topografi. Kita juga dapat melihat beberapa artefak Mesir kuno dan beberapa barang antik dari beberapa negara di area Archeology yang berdekatan dengan area Geologi. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu mumi Bakt-hor-Nekh yang berusia ribuan tahun.

Di sana pengunjung juga dapat melihat hewan hidup dari jenis amfibi dan dan reptil yang ditempatkan dalam akuarium. Pengelola juga menyediakan auditorium untuk konferensi, seminar dan kunjungan sekolah. Tidak heran jika Great North Museum Hancock termasuk museum atraktif dari Art Fund Prize Museum and Gallery pada tahun 2010.

Great North Museum Hancock beralamat lengkap di Barras Bridge, Newcastle upon Tyne, NE2 4PT, Inggris. Museum ini buka setiap hari pada pukul 10.00 – 17.00 pada hari Minggu pukul 11.00 – 17.00 sedangkan pada hari Natal (25-26 Desember) dan tahun baru tempat ini tutup. Kita tidak perlu membayar tiket jika ingin masuk (gratis).

Untuk mencapaiGreat North Museum: Hancock, pengunjung dapat menggunakan bus menuju Barras Bridge. Hanya lima menit berjalan kaki dari Haymarket Metro Bus Station. Anda juga dapat menggunakan kereta dengan tujuan Central Station yang merupakan salah satu stasiun kereta utama di Newcastle.

Museum persenjataan Royal Armories

Royal Armouries adalah Museum Nasional Kerajaan Inggris yang berlokasi di Leeds, Inggris Utara. Museum tersebut pertama kali dibuka pada tahun 1996. Di sana pengunjung dapat melihat ribuan koleksi senjata tradisional yang dipakai pada era Victoria sampai senjata termutakhir.

Museum ini terdiri dari 4 lantai dan setiap lantai terdapat empat tematik galeri. Di lantai dasar kita dapat melihat senjata kuno seperti pedang, tameng, baju besi (baju zirah) dan artileri. Beberapa koleksi yang menjadi pusat perhatian yaitu sebuah baju zirah yang disebut Lion Armour. Warnanya keemasan dan penuh dengan ukiran singa yang sangat detail. Tidak ada yang tahu persis baju zirah ini milik siapa. Tapi menurut cerita orang yang memesannya anak orang kaya keturunan bangsawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun