Mohon tunggu...
Fahmi Ilmawan Sulaiman
Fahmi Ilmawan Sulaiman Mohon Tunggu... First year in Informatics Engineering Master Program, Lets make a friend :)

Visual Art Enthusiast | DIgital Graphic Designer | Video Editor | Striker

Selanjutnya

Tutup

Digital

Data Pribadi Bocor? Cek Sekarang Juga!

25 September 2020   13:30 Diperbarui: 25 September 2020   14:15 59 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Data Pribadi Bocor? Cek Sekarang Juga!
data-bocor-5f6d98f16589126c34214f12.jpg

Teguh Aprianto sang pendiri komunitas ethical hacker telah membuat situs yang dapat mendeteksi data seseorang bocor atau tidaknya pada sebuah website yang dilengkapi tools khusus. website ini dinamai periksadata.com.

selain memiliki tampilan yang cukup sederhana, situs periksa data ini dapat mengetahui apakah data bocor atau tidak, kita hanya cukup memasukkan alamat email pada kolom yang tersedia, Setelah itu klik 'PERIKSA SEKARANG'.

Tanpa menunggu lama, layar pada halaman akan langsung memberikan informasi mengenai data milik Anda, apakah pernah bocor atau tidak, lengkap dengan hal apa saja yang bocor dan tanggal kebocorannya.

selain memeriksa data, situs itu juga memberikan berbagai edukasi kepada penggunanya. Misalnya, pada situs itu menyebut bahwa kata 'Ronaldo07' adalah salah satu kombinasi password yang paling sering digunakan dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk meretas kombinasi tersebut.

Selain itu, situs itu juga menyediakan saran bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami kebocoran data.

Pertama, Anda disarankan untuk mengganti password. Agar lebih aman, gunakan kombinasi huruf, angka, dan juga simbol.

Kedua, aktifkan verifikasi 2 langkah sekarang agar akun milik kamu menjadi lebih aman. Situs itu menyarankan untuk menggunakan Authenticator App daripada SMS.

"Jika kamu merasa kesulitan untuk mengingat banyak password yang kamu gunakan untuk berbagai macam platform, kamu bisa menggunakan password manager"

VIDEO PILIHAN