Mohon tunggu...
Rita Mf Jannah
Rita Mf Jannah Mohon Tunggu... Freelancer - Trader, Praktisi Pendidikan, Blogger, Writer

Datang, Berdoa, Berusaha dan Menang!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Cara Membantu Anak Mengelola Stres Saat PJJ

17 Juli 2021   22:47 Diperbarui: 17 Juli 2021   22:49 79 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membantu Anak Mengelola Stres Saat PJJ
Illustrasi stres pada anak (pic: bridget-edwards.com)

Beberapa hal dapat membuat anak mengalami stres selama PJJ, diantaranya rasa jenuh, ketidakstabilan keuangan orang tua, ketidakharmonisan hubungan orangtua, dan tekanan mental

Setelah beberapa waktu dunia dihantam pandemi covid-19 hingga memaksa semua orang tetap berada di rumah, mulai work from home (WFH) hingga pembelajaran jarak jauh (PJJ), tampaknya kini virus varian baru bermutasi lagi, bukan hanya Delta, juga Kappa dan yang lainnya.

Keadaan dunia yang sedang sulit dan babak belur dihajar vIrus mutasi baru, padahal Β telah ada vaksin penangkalnya, namun belum seluruh populasi dunia memperolehnya, terutama di negara-negara dunia ketiga.

Bahkan Israel yang telah terlebih dahulu melakukan vaksinasi pada seratus persen penduduknya, baru-baru ini menyatakan kekurang efektifan vaksin covid-19 yang telah dipakai karena efikasinya menurun saat menghadapi mutasi virus varian terbaru.

Penyebab anak stres selama PJJ

Ketidak pastian tentang jaminan keamanan dari mutasi baru virus covid-19 melanda seluruh dunia, bahkan juga di Indonesia, sehingga pemerintah menetapkan aturan PPKM darurat hingga 20 Juli mendatang.

Dengan diberlakukannya PPKM darurat , itu berarti semua anak-anak akan kembali belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Banyak hal yang dapat membuat anak mengalami stress selama PJJ, diantaranya rasa jenuh, ketidakstabilan keuangan orang tua, ketidakharmonisan hubungan orangtua, dan tekanan mental.

Cara mengelola stres anak

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan para orangtua agar anak-anaknya tidak mengalami stres berlebihan selama mengikuti PJJ daring atau online, yaitu:

1. Menghindari KDRT

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x