Mohon tunggu...
Falikhatul Ifriza
Falikhatul Ifriza Mohon Tunggu... Riza

Life is Art

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UPGRIS Memberikan Penyuluhan Edukasi Covid-19 kepada Anak-anak

28 Februari 2021   20:08 Diperbarui: 28 Februari 2021   20:39 26 0 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh Universitas PGRI Semarang pada akhir masa perkuliahan. Kegiatan yang mengharuskan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat ini tentunya memunculkan berbagai progam kerja yang kreatif dan inovativ. Banyak dari mahasiswa yang berpartisipasi langsung dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan maupun perubahan menuju arah yang lebih baik.

Pada tahun 2021 bulan Januari sampai dengan Februari ini, kegiatan KKN terlaksana berdampingan dengan pandemi Covid19, tentunya mengharuskan mahasiswa untuk tetap menjaga jarak dan memperhatikan lingkungan sekitar demi menjaga diri sendiri dan orang lain terhadap virus covid19. 

Sejalan dengan hal tersebut, Falikhatul Ifriza salah satu mahasiswa KKN UPGRIS 2021 berinisiasi untuk memberikan penyuluhan perihal edukasi Covid19 kepada anak-anak sekitar Desa Kaligarang RT 12, RW 04, Kec. Keling, Kab. Jepara. Hal tersebut dilakukan dengan alasan masih banyak masyarakat desa yang kurang memperdulikan covid19, sehingga kesehariannya masih tampak seperti sebelum terjadi covid19. Penyuluhan dan sosialisasi sangatlah penting agar masyarakat sekitar mengerti akan pentingnya edukasi covid19. Hal yang terpenting adalah memberikan penyuluhan perihal pentingnya penerapan 3 M, yang artinya menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat selalu waspada dan bisa menjaga dirinya dari virus.

Kegiatan sosialisasi difokuskan kepada anak-anak SD disekitar Desa Kaligarang. Sosialisasi dimulai dengan penjelasan apa itu virus, apa itu peduli 3 M, bagaimana perkembangan virus, sampai dengan bagaimana cara mengantisipasi virus covid19. Anak-anak menyambutnya dengan baik dengan harapkan mulai menerapkan kebiasaan baru di era hidup baru setelah mendengarkan sosialisasi pentingnya edukasi covid19.

"Pengetahuan perihal pentingnya peduli covid19 tentunya harus dibagikan kepada masyarakat sekitar. Sebuah perubahan besar akan terlihat jika dimulai dengan satu pergerakan yang kecil." (Falikhatul Ifriza)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x