Mohon tunggu...
FAKHIRAH SEKAR FIRDAUS
FAKHIRAH SEKAR FIRDAUS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Saya merupakan seorang mahasiswa yang saat ini fokus dalam studi di bidang ilmu sosial.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

HIV/AIDS di Denpasar Bukan Penyakit Biasa yang Tidak Seharusnya Dibiasakan

1 Desember 2022   20:43 Diperbarui: 1 Desember 2022   20:49 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Canva.com (Poster ajakan untuk melawan penyebaran HIV/AIDS)

Semakin tua zaman, dunia mengalami semakin banyak jenis penyakit. Banyaknya jenis penyakit pada saat ini juga diakui oleh beberapa orang tua yang ada di sekitar penulis, mereka mengatakan bahwa anak-anak zaman sekarang ini memiliki perilaku yang bermacam-macam sehingga dikatakan bahwa lebih rentan terkena penyakit. Jenis-jenis penyakit yang beragam ini akan mudah kita temui terutama di daerah perkotaan.

Ada apa dengan perkotaan? Seperti kalimat sebelumnya, bahwa banyaknya jenis penyakit yang disebabkan pola hidup masyarakat yang beragam, sedangkan jika kita melihat di perkotaan banyak sekali pola hidup yang berbeda-beda antar masyarakatnya. Hal ini disebabkan karena beragam juga jenis masyarakat, bahkan di perkotaan akan cenderung memiliki populasi masyarakat yang lebih banyak dari pada dengan di pedesaan.

HIV/AIDS

HIV dan AIDS merupakan kedua hal yang saling berkaitan. Dimana HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah sebuah virus yang dapat melemahkan tubuh ketika melawan penyakit, kelemahan yang terjadi pada tubuh ini dikarenakan virus ini kerjanya menyerang terhadap sistem kekebalan tubuh, apabila kekebalan tubuh seseorang rendah maka orang tersebut akan lebih rentan mengalami sakit hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh berfungsi sebagai tameng tubuh.

Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV/Virus yang tadi telah dijelaskan ini sudah mulai menyerang ke seluruh bagian tubuh atau bisa dikatakan HIV ini sudah pada tahap infeksi akhir, orang yang sudah pada tahapan ini cenderung sudah tidak memiliki kemampuan untuk melawan virus infeksi yang ditimbulkan. HIV/AIDS ini terbagi menjadi beberapa tahapan penyakitnya yang dinamakan dengan stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4.

Penyebab HIV/AIDS

Tidak ada sebuah penyakit yang tiba-tiba muncul tanpa adanya sebab-akibat yang telah dilakukan oleh individu, baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Begitu juga dengan keberadaan penyakit HIV/AIDS yang bisa dikatakan bahwa penyakit ini merupakan penyakit dengan pengidap cukup banyak terutama di negara kita, yaitu Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyakit HIV/AIDS ini besar kaitannya dengan kegiatan seksual yang dilakukan seseorang. Sehingga ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya HIV/AIDS serta penularannya, yaitu :

1. Sering berganti pasangan

2. Melakukan hubungan seksual secara homoseksual maupun heteroseksual

3. Menggunakan jarum suntik narkoba secara bersamaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun