Mohon tunggu...
Fajri Kurniawan
Fajri Kurniawan Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa

Ilmu Administrasi Niaga UI

Selanjutnya

Tutup

Money

Covex Future Development, Bisnis Konveksi dengan Kemudahan Internet

29 Mei 2019   12:41 Diperbarui: 29 Mei 2019   13:02 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy


PENDAHULUAN

Bisnis di bidang konveksi memiliki peluang yang cukup baik diwilayah yang memiliki angka populasi tinggi. Kebutuhan akan pakaian saat inisangat tinggi di masyarakat. Mulai dari konsumsi pribadi, kebutuhan acara, danpesanan dalam skala besar. Produksi dalam skala besar tentu akan menghasilkankeuntungan yang cukup besar pada modal tertenu. Hal tersebut menjadikan bisnisdi bidang ini potensial. 

Selama semua orang masih menggunakan berbahan kain,permintaan pada produk ini akan terus bertambah secara berkelanjutan. Kebutuhanpermintaan dapat dipenuhi baik dalam permintaan skala kecil maupun skala besar.Permintaan pada skala besar, seperti permintaan kaos dan jaket kebutuhan acara,kepanitiaan, dan seragam sekolah merupakan target konsumen yang cukup besar. 

Pengalaman menjalani usaha di bidang tersebut memberikan sayabanyak pengalaman dan informasi. Saya memiliki informasi mengenai hargaproduksi, supply bahan baku, alat danmesin, dan competitor di bidang tersebut. Bidang usaha ini belum terlalu banyakdilakukan di Jawa Barat, tepatnya di sekitar Kabupaten Bogor wilayah BogorBarat. Pemanfaatan media sosial pada pemasaran di bidang ni merupakan salahsatu peluang yang cukup besar mengingat masih sedikit pelaku usaha konveksiyang menggunakan sosial media secara optimal. 

Produksi konveksi khususnya produksi pakaian, topi, dan jaketdapat dilakukan dalam satu lokasi menggunakan mesin yang serupa. Aktivitasutama produksi, mulai dari pembuatan pola, pemotongan material dan bahan utama,penjahitan, dan finishing dapatdilakukan di lokasi yang tidak terlalu besar. Menjalani beberapa kali usaha dibidang fashion saya mengetahui lokasidan harga material. 

Saat ini, penggunaan internet untuk memulai suatu bisnissangat penting. Namun, tidak banyak dalam industri ini menggunakan internetuntuk memasarkan produknya. CONVEX adalah suatu konveksi yang memproduksi kaos,jaket, topi, dan pakaian sesuai ordermemiliki unique value proposition, yaitueasiness, premium quality, dan punctuality dengan menggunakan internetdalam model bisnisnya. 

BUSINESS MODEL CANVAS

2.1 Customer Segment

Bulk-OrderCustomer

CONVEX dan industriini memiliki niche market. Bulk order customer atau pemesan dalamjumlah banyak adalah pasar yang diambil pada bisnis ini. Pemesan dalam jumlahbanyak tidak dapat ditentukan secara spesifik, namun terdapat beberapakarakteristik konsumen seperti ini. 

Pemesandalam jumlah besar biasanya berasal dari sebuah organisasi atau mereka memilikibisnis di bidang fashion. Organisasibaik berbentuk Lembaga maupun kepanitiaan tentu memiliki proyek kerja. Beberapaproyek kerja tersebut membutuhkan keserasian pada tampilannya, seperti kesamaankaos panitia dan jaket panitia. Kaos dan jaket tersebut tentu dicetak dalamangka sesuai dengan kebutuhan anggotanya. 

Selain itu,pemilik usaha di bidang fashion terutamapakaian menjadi salah satu segmen CONVEX. Pemesanan pada pelanggan tipe inibersifat berkelanjutan dan dalam jumlah besar. CONVEX dapat menjadi rekan daripemilik usaha di bidang fashion. Parapemilik usaha tersebut dapat melakukan customorder sesuai dengan desain yang mereka miliki 

PelangganCONVEX tidak akan terpaut wilayah di Indonesia. Kini pemesanan dapat dilakukansecara online dan pengiriman dapatdilakukan oleh jasa ekspedisi ke seluruh Indonesia.

2.2 Value Proposition

Order byYour Design

Pelanggandapat menentukan desain, keunikan dari produknya, memilih bahan yang telahdisediakan. Salah satu contohnya adalah pelanggan dapat menentukan gambarsablon dari produk yang diinginkannya. Selain itu, pelanggan dapat menentukanpilihan warna dari berbagai warna bahan yang tersedia.

Easiness

Kinikemudahan dalam memesan produk dapat dilakukan melalui internet. Melalui website CONVEX, para konsumen dapatmemesan produk tanpa harus dating langsung ke workshop atau pabrik. Selain itu, customer service yang tersedia di dalam jam kerja akan memudahkankonsumen untuk bertanya dan melakukan pemesanan.

PremiumQuality

Konsumententu akan mengutamakan kualitas dari produk yang ia pesan. Pilihan bahan yangdisediakan akan memiliki kualitas yang tinggi. Bahan dan material yang dipilih memerhatikandurability dan karakteristik bahanyang berkualitas. Beberapa jenis kain, seperti kain taslan, kain cotton, kain kanvas, dan berbagai jeniskainnya Kami akan memilih kualitas kain yang premium dari jenis-jenis kain yangkami pilih. 

Punctuality

CONVEX akanmemiliki punctuality atau ketepatanwaktu yang baik. Konsumen dapat melacak pesanan mereka di dalam website. Setiap proses pesanan akan kamiupdate di dalam website. Selain itu,kami akan memberikan estimasi waktu pengerjaan ketika pesanan masuk danmelaporkannya di dalam website.

2.3 Channel

Awareness

Channel untuk meningkatkan awareness, CONVEX akan melakukan paid ads pada beberapa media sosial danmenyebarkan email offering padabeberapa organisasi yang didapat melalui consumerresearch. Selain itu, kami akan menggunakan search engine optimizer (SEO) pada mesin pencari, seperti Googleuntuk meningkatkan traffic pada website. Output dari penggunaan SEO adalah ketika orang mencari beberapakata kunci, seperti "sablon kaos" atau "cetak kaos panitia" pada mesin pencari,website CONVEX akan muncul pada bagian atas dalam halaman pencari tersebut.

Evaluation

Channel untuk melakukan evaluation dari pelanggan adalah dengansurvei menggunakan kuesioner yang dikirim melalui email pelanggan tersebut. Pelangganmengisi dapat kuesioner tersebut kapan pun dan di manapun mereka berada secara online.

Purchase

Pelanggandapat melakukan purchase ataupembelian melalui website atau dengandatang langsung ke workshop yang kamimiliki. Jika pelanggan memesan melalui website,CONVEX akan melakukan konsultasi dan konfirmasi pesanan melalui telepon.Pelanggan dapat melakukan pembayaran cash,transfer antarbank, atau dengan kartu debit/ kredit.

Distribution

Terdapatdua saluran distribusi pesanan CONVEX. Pertama, pelanggan dapat mengambillangsung di workshop kami. Selainitu, pelanggan juga dapat memilih pengiriman melalui jasa ekspedisi denganpilihan yang tersedia  (GOJEK,GRABEXPRESS, JNE, J&T).

After Sales

Pelanggandapat menghubungi pihak CONVEX melalui whatsapp,email, atau telepon. Saluran disediakan untuk memudahkan para pelangganjika terdapat pertanyaan maupun keluhan terkait produk yang dihasilkan. 

2.4 Customer Relationship

Untukmenjalin hubungan dengan konsumen, CONVEX akan menyediakan layanan customer service melalui website online chat, whatsapp, email,dan telepon secara langsung. Selain itu, kami akan meminta konsumen untukmenilai kinerja CONVEX melalui survei yang diberikan setelah pesanan selesai.Pemberian promo pada para konsumen juga akan dilakukan untuk menarik danmelakukan retention terhadap parapelanggan.

2.5 Revenue Stream

ProductSales

Revenue stream CONVEX seluruhnya berasal daripenjualan produknya. Produk yang akan ditawarkan, yaitu kaos polos, jaket,topi, totebag, atau kaos, jaket,topi, toteabag dengan desain darimasing-masing pelanggan, Harga yang diberikan tentu akan tergantung darikuantitas order dan jenis produk yang dipilih.

2.6 Key Resources

Intellectual

Nama Brand dari CONVEX akan menjadi kekayaanintelektual dari perusahaan ini. Selain itu, logo dari brand dan merk dagang dari CONVEX akan memiliki hak paten danmenjadi kekayaan intelektual perusahaan.

HumanResource

Sumber dayamanusia terbagi menjadi dua level, yaitu pada level manajemen dan levelkaryawan. Pada level manajemen, akan terdiri dari Chief Executive Officer, Chief Operation Officer, dan Chief Financial Officer. Untuk kegiatanpemasaran, kami akan menggunakan marketingagency untuk beberapa waktu. Pada level karyawan dibagi menjadi beberapadivisi, yaitu divisi penjahitan, divisi pembordiran, divisi penyablonan, dandivisi finishing. 

Financial

Untuksumber pendanaan CONVEX akan berasal dari pendanaan pribadi. Selain itu,sebagian dari penjualan akan digunakan kembali untuk modal.

Distribution

Sumber dayayang digunakan untuk melakukan distribusi barang adalah sumber daya yangberasal dari pihak ketiga. Kami akan menggunaka jasa ekspedisi untukmendistribusikan produk.

Machine

Beberapamesin dibutuhkan dalam proses berjalannya bisnis ini. Mesin jahit, mesin obras,mesin border kain, dan peralatan sablon merupakan mesin utama yang digunakandalam proses produksi usaha ini. Mesin tersebut akan beroperasi berdasarkanpesanan yang masuk.

Sales andPayment

Berbagaimetode pembayaran akan digunakan dalam sumber sales and payment.Bank transfer, penggunaan kartu kredit/ debit,atau cash akan menjadi sumber daripenjualan itu. 

2.7 Key Activities

Material andSupply Order

Sebelummemulai proses produksi, kami akan men-stockbeberapa material yang akan paling banyak digunakan, seperti cotton combed dan bahan furing.Penyimpanan tersebut akan mengurangi waktu pengerjaan pesanan. Jika bahan tidaktersedia, maka akan membutuhkan tambahan 1-3 hari dalam proses pengerjaan. 

Production

1.      Design Consultation

Ketika pesanan telah masuk, halpertama yang dilakukan adalah konsultasi pesanan dengan pelanggan. Konsultasitersebut akan membahas tentang harga, bahan, desain, dan waktu pengerjaan.

2.      Sewing

Penjahitan produk seperti jaket dankaos dari bahan mentah dilakukan berdasarkan dua hal. Pertama, berdasarkanpesanan yang masuk. Kedua, berdasarkan stockyang dibutuhkan untuk mengurangi waktu pengerjaan.

3.      Printing (Optional)

Printing atau sablondilakukan berdasarkan pesanan. Jenis bahan sablon yang digunakan adalah bahanplastisol yang memiliki kualitas ketahanan cukup baik. 

4.      Embroidery (Optional)

Embroidery ataupembordiran juga dilakukan berdasarkan pesanan. Pembordiran dapat dilakukan dikaos, jaket, topi, maupun totebag berdasarkandesain yang dibuat oleh pelanggan.

Promoting

Padaaktivitas ini, beberapa strategi akan dilakukan untuk mempromosikan CONVEX,seperti paid ads, SEO, dan content promotion. Aktivitas tersebutdilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakattentang CONVEX.

2.8 Key Partners

MaterialSupplier 

Supplier bahan CONVEX berasal dariYogyakarta. Pesanan bahan-bahan akan dilakukan secara online. Supplier tersebutdipilih karena menawarkan kemudahan dalam berbelanja, variasi bahan yangberagam, dan harga yang relatif murah,

WebDeveloper

Untukmengembangkan website, kamimenggunakan jasa web developer. Penggunaanjasa tersebut akan jalan selama beberapa periode hingga website berjalan stabil. 

JasaPengiriman

Kini jasapengiriman dapat ditemukan di berbagai tempat. Selain aksesnya yang terjangkau,kami akan melakukan kerja sama untuk mengurangi biaya pengiriman denganberlangganan pada jasa pengiriman atau ekspedisi tersebut.

MarketingAgency

Kamimenggunakan marketing agency untukmengurangi beban pekerjaan dan mendapatkan hasil yang efektif. Marketing agency akan memaksimalkanpemasaran CONVEX di masa persiapan. Konten dan strategi akan diserahkan kepadaagensi tersebut, tentunya dengan konsultasi dengan pihak manajemen.

2.9 Cost Structure

Materialand Supplies

Pembelianstok material dan supply dibutuhkantermasuk biaya pengirimannya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi waktupengerjaan pesanan yang masuk.

Payroll

Payroll atau beban gaji akan dibayarkankepada beberapa karyawan. Pembagian payrollakan diberikan kepada admin, penjahit, penyablon, dan karyawan di divisi finishing 

Operational  Expense

Sebagianbesar beban operasi akan berasal dari penggunaan listrik dan maintenance mesin. Hal tersebutdisebabkan karena sebagian besar karena kegiatan produksi akan menggunakanmesin dalam prosesnya.

MarketingExpense 

Beban padabiaya ini terdiri dari pembayaran marketingagency. Kami memercayakan marketingagency tersebut untuk melakukan aktivitas pemasaran untuk meraih hasil yangmaksimal.

            CONVEX adalah salah satu bisnis yangmenjanjikan di bidang konveksi. Dengan uniquevalue proposition yang dimiliki, material yang berkualitas, dan mesinberteknologi akan memudahakn CONVEX dikenali oleh masyarakat. Selain itu,pengalaman dan kemudahan dalam melakukan pemesanan oleh pelanggan menjadi concern utama kami dalam kelangsunganbisnis ini. 

            Bisnis ini memiliki potensi yangbaik mengingat tidak banyak industri konveksi menggunakan strategi di jejaring online. Selain itu, coverage pasar yang dicapai akan luas mengingat pemesanan dapatdilakukan secara online danpengiriman menggunakan jasa ekspedisi. Oleh karena itu, CONVEX merupakan bisnisdi bidang konveksi yang menjanjikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun