Mohon tunggu...
Fajriatussyafaah
Fajriatussyafaah Mohon Tunggu... Uin suka 20107030110_jurnalistik IKOM

Untuk memenuhi point mata kuliah dan syukur syukur bisa menjadi hobi terbaru .

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Dampak Makan Mie Terlalu Sering!

27 Maret 2021   03:59 Diperbarui: 27 Maret 2021   05:26 210 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Makan Mie Terlalu Sering!
travel.kompas.com

Awal mula mie berasal dari tiongkok yang sekarang merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia.
Teksturnya yang khas kenyal di pandu dengan cita rasa gurih dan nagih  membuat siapa saja akan terpikat dengan mie. Ya, mie memang jadi makanan favorit banyak orang dari segala usia , bukan cuma makanan sampingan sekarang juga banyak yang menjadikan mie sebagai makanan pokok karena karbohidrat dalam mie lebih rendah daripada nasi , Berawal dari negara cina bagian tiongkok pamor mie kini sudah keluas hingga dunia .

 Indonesia sendiri punya beragam olahan mie yang jadi makanan khas di berbagai daerah looh . Bukan cuma anak kos saja yang memakan mie karena di yakini bisa lebih mengehemat biyaya namun mie sudah ngetrend bahkan menjadi makanan favorite semua kalangan yang sudah diyakini banyak orang mie membuat kenyang lebih lama dan dijadikan sebagai penunda kelaparan,Namun di balik kelezatannya, terlalu sering mengonsumsi mie instan tidak baik bagi kesehatan tubuh, dilansir dari bola.com  Mie instan kemasan mengandung sedikit nutrisi tetapi sodium di dalamnya tergolong tinggi yang biasa disebut dengan MSG ya sobat.

kenali dampak nya ,simak sebagai berikut!

1. Yang pertama di dalam mie mengandung MSG yang bisa menghambat kinerja otak , Satu porsi mie instan mengandung monosodium glutame (MSG) cukup tinggi. MSG menjadi idaman sebagian banyak orang karena rasanya lezat,membuat cita rasa semakin nagih, gurih  tetapi terlalu banyak dan keseringan mengonsumsi MSG sangat tidak baik bagi kesehatan,menurut laporan Healthline MSG juga dapat menambah berat badan dengan cepat bahkan jika keseringan mengkonsumsi mie dapat membuat besitas pada tubuh anda.
2. yang kedua Gangguan sistem pencernaan

Tentu mie sangat berdampak bagi pencernaan dikarenakan kandungan serat didalam mie terlalu rendah sehingga akan menyebabkan sembelit atau susah buat air besar.

3. Yang ketiga membuat jerawat atau masalah kulit lainya ,nah ladies mie bisa merusak regenerasi kulit karena mie rendah air bahkan menyerap air dalam tubuh sehingga membuat kulit kering dan bermasalah.

4 yang keempat ialah membuat terlambat datang bulan , mie bisa mengganggu siklus menstrusai kalian looh karena didalam mie mengandung pengawet yang akan mengakibatkan hormon dalam tubuh mengalami hambatan atau membuat kinerja hormon tidak seimbang.

 .yang kelima mie dapat mengakibatkan kanker  , mungkin sudah cukup lumayan orang tau bahwa bila mengkonsusmsi mie berlebib dapat mengakibatkan kanker ,karena didalam kandungan mie ada beberapa zat yang kurang baik untuk tubuh.

6. Yang keenam akan membuat dehidrasi sehingga akan merasa haus terus menerus , jangan lupa minum air putih yang banyaj ya sobat khsusu nya setelah makan mie karena dehidrasi yang berlebih juga akan membuat kmu merasa pusing dan sakit pada tenggorokan bahkan yang lebih parahnya lagi akan membuaf gangguan pernapasan .

7.yang ketujuh mie intan dapat mengakibatkan batu ginjal ,karena apa? Yap karena di dalam kandungan mie memilik kandungan garam yang berlebih yang akan menganggu ginjal anda maka disarankan saat mengkonsumsi mie kalian harus minum air putih yang banyak
8.yang kedelapan mengakibatkan Diabetes , nah diab

etes dikarenakan pada mie memiliki kandungan gula yang tinggi yang akan membuat penyakit gula dan menyebabkan diabetes militus .
9.yang kesembilan akan membuat penyakit kerusakan hati karena kandungan pada mie instan akan merusak jaringan pad hati.
Nah jadi kalian jangan terlalu sering mengkonsumsi mie ,karena mie sebetulnya kurang baik jika di konsumsi secara berlebihan.
Tips mengkonsumsi mie yang sehat!
1. Yang pertama makanlah mie menggunakan sayuran.
2. Jangan makan mie bareng dengan nasi.
3.jangan makan telur pada saat makan mie.
4.buang air rebusan mie , jika mienya berkuah maka lebih baik menggunakan air yang baru .
Nah selain dampak nya mie juga memiliki manfaat bila tidak di konsumsi secara sering .
1.Ya itu bisa menunda lapar , karena kepraktisan dari mie membuat kebanyakan orang menyetok sebanyak banyaknya.
2.mie bisa menyeimbangkan berat badan , mie jika dikonsumsi secara jarang akan menyeimbangkan berat badan dikarenakan dibanding nasi ,karbohidrat dalam mie lebih rendah namun jangan di konsumsi secara terus menerus karena mie juga memiliki banyak dampak buruk.
3. Bisa meningkatkan selera makan,sangat valid! Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa mie.bisa mengakibatkan nafsu makannya meningkat karena kelezatan mie yang begitu nikmat.

Mie memang enak tapi jangan keseringan ya teman teman, terimakasih.

VIDEO PILIHAN