Mohon tunggu...
Fajriati Nurul Aini
Fajriati Nurul Aini Mohon Tunggu... Mahasiswa UPGRIS

KKN UPGRIS 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPGRIS 2021 Edukasi Proses Pembuatan Cairan Disinfektan

26 Februari 2021   22:35 Diperbarui: 26 Februari 2021   22:56 38 1 0 Mohon Tunggu...

KKN UPGRIS 2021: Edukasi Proses Pembuatan Cairan Disinfektan

Pada masa pandemi seperti ini, Kita diharapkan untuk selalu menjaga pola hidup sehat seperti menjaga kondisi tubuh dan menjaga kebersihan tubuh maupun keadaan sekitar agar dapat terhindar dari Covid-19. Salah satu  masalah yang saat ini perlu diperhatikan  adalah mengenai pencegahan penularan Virus Corona. Maka dari itu perlu adanya edukasi mengenai pencegahan penularan Virus Corona. Dengan memberi pemahaman yang baik kepada warga Kota Kudus lebih tepatnya di Kelurahan Kajeksan, dan diharapkan mampu meminimalisir terjadinya penularan Virus Corona.

Pelaksanaan Edukasi Proses Pembuatan Cairan Disinfektan ini merupakan salah satu program kerja KKN di Kelurahan Kajeksan, Kota Kudus yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  Universitas PGRI Semarang, Fajriati Nurul Aini. Rabu (24/02/2021).

"Dengan adanya  Edukasi Proses Pembuatan Cairan Disinfektan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu warga untuk membuat cairan disinfektan guna menanggulangi penyebaran Virus Corona dan pencegahan penularan Virus Corona.

Disinfektan adalah senyawa kimia yang biasanya terdapat dalam hidrogen peroksida, creosote dan alkohol. Cairan ini dipercaya dapat membunuh bakteri, virus, kuman penyakit dan mikroorganisme yang terdapat pada suatu benda ataupun ruangan. Biasanya cairan disinfektan digunakan dengan cara disemprotkan atau dilap bagian permukaan meja, lemari, kursi hingga gagang pintu. Maka dari itu masa seperti ini masyarakat perlu untuk selalu sedia cairan disinfektan.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat disinfektan yaitu Sarung tangan karet (agar kulit tangan tidak iritasi), Masker, Baskom plastik, Botol semprot plastik, Kain lap bersih, 2 sendok makan cairan pemutih (untuk 1 liter air) atau 2 sendok makan cairan karbol (untuk 1 liter air) dan Air bersih sebanyak 1 liter.

Langkah- langkah pembuatan cairan Disinfektan Langkah pertama gunakan sarungan tangan plastik dan masker guna melindungi diri dari iritasi kulit . Kemudian masukan cairan pemutih atau karbol di dalam baskom, kemudian tambahkan air bersih dan aduk secara merata, lalu diamkan selama 2 menit agar semua cairan bisa bercampur dengan merata. Setelah itu tuangkan cairan disinfektan ke dalam botol semprotan plastik, setelah itu cairan disinfektan pun siap untuk digunakan.

Semprotkan cairan disinfektan ke setiap permukaan benda yang sering disentuh oleh penghuni rumah, mulai dari handle pintu, jendela, meja, kursi dan lain-lain.

Selain Edukasi Proses Pembuatan Cairan Disinfektan, Edukasi Pencegahan Covid-19 juga dipublikasikan melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan Sosial Media lainnya. Sebagai salah satu program kerja KKN Universitas PGRI Semarang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x