Mohon tunggu...
Fajar Novriansyah
Fajar Novriansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja biasa

Pekerja Purna Waktu Sebagai Staf Adminitrasi di Perusahaan Operator SPBU Swasta berlogo kerang kuning. Menikmati suka duka bertransportasi umum, Karena disetiap langkah kan ada jalan, dimana perjalanan kan temui banyak cerita. S1 Manajemen Universitas Terbuka 2014

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Kasih Paham dari Laut, Lautan sampai ke Natuna Utara!

15 Maret 2022   10:40 Diperbarui: 15 Maret 2022   10:52 1007
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar di ambil dari https://www.iasabhiyan.com/indonesias-new-north-natuna-sea-whats-name/

Kadang saya memiliki pertanyaan apakah negara tetangga mengakui Laut Natuna Utara yang terletak diutara Kepulauan Natuna? Sepertinya jawabannya belum tentu? Karena sampai lebih dari 4 tahun pengajuan Pemerintah akan perubahan nama tersebut dari tahun 2017 masih belum ada persetujuan dari lembaga International Hydrographic Organization.

Ini saya sudah berkali kali mencari melalui internet ya, mohon revisi dan memberi kembali kepada saya feedback jika ada informasi baru apabila  ternyata telah disetujui.

Sebetulnya alasan saya menulis artikel ini lantaran tidak sengaja ada sebuah video TikTok dari salah seorang Kreator dari Malaysia @Sani_Ib dimana yang bersangkutan sedang menjelaskan beda dari Laut dan Lautan. Abangnya dengan intonasi jelas menyampaikan jika Laut dan Lautan memiliki arti yang berbeda, serta mencontohkannya dengan Lautan Pasifik dan Laut China Selatan.

Hal yang menarik perhatian saya adalah komentar dari beberapa warganet Indonesia yang agak lumayan bikin miris sebetulnya. Disitu saya jadi merasa sedih sendiri mereka mendebatkan Laut dan Lautan , juga Natuna Utara dan Laut Tiongkok Selatan yang masih di sebut Laut Cina Selatan pada Bahasa Malaysia.

Kenapa Saya ingin membahas point pertama mengenai penjelasan daripada arti kosa kata Laut serta Lautan karena memang banyak yang tidak paham. Laut juga alam KBBI memiliki arti kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Nah contoh laut ini ya modelnya Laut Jawa, Laut Arafuru, Laut MEditerania, dan tentu yang akan saya bahas Laut Cina Selatan.

Sedangkan Lautan pada artian pertama yang saya ambil dari KBBI memiliki makna laut yang luas sekali; samudra: , kemudian dimana arti kedua yakni bermakna yang besar (banyak) sekali . Makna kedua biasanya menyertai kalimat semodel lautan api, lautan manusia, lautan pasir. Kosakata Samudra yang umum juga artinya Lautan bukan Laut!

Samudra itu sendiri adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Sanskerta untuk makna yang sama dan dipakai secara umun di Tanah Air, mungkin agar tidak tertukar dengan laut yang ukurannya lebih kecil. Lautan Pasifik dan Samudra Pasifik adalah kalimat yang betul dimata Bahasa Indonesia.

Perdebatan seperti ini yang kadang suka buat saya geleng geleng kepala, apakah mereka warganet Indonesia memang tidak tahu? tidak pernah riset? Oke deh jika riset itu ketinggian maka dibuat sederhana apakah tidak pernah belajar atau tidak mau tahu? Padahal saya dulu belajar pada mata pelajaran Geografi dan IPS Samudara dan Lautan itu sama. Hadeuh maka itu banyak banyak membaca dan belajar dnegan rajin teman teman ya.

Yang kedua adalah mengenai Natuna Utara, di jelaskan oleh Abangnya juga pada kolom komentar walau agak ngegas, mungkin lantaran bahasa penyampaian yang mmeberi komentar sebelumnya memang cukup mengesalkan. Dimana Abangnya menjelaskan jika perubahan tersebut tidak merubah keseluruhan Nama Laut tiongkok Selatan. Kalimat lucunya Warganet tersebut malah berkomentar Kasih Paham Abangnya, sumpah saya jadimerasa gak enak hati sendiri sama Abangnya, padahal lagi lagi penjelasnnya sudah Betul.

Yup saya akan menulis tentang apa yang ada di kepala saya mengenai Point kedua Laut Natuna Utara dan Laut Tiongkok Selatan, juga setelah cari tahu sana sini via internet agar tidak di kata sok tahu! dan jangan sampai ada yang komentar juga Kasih Paham! Tapi saya selalu bersedia menerima saran dan kritik yang mmebangun jika lebih baik ditambah solusi.

Kenyataannya Republik Indonesia tidak menghapus nama Laut Tiongkok Selatan, karena pada dasarnya Laut tersebut masihlah ada. Laut Natuna Utara adalah sebagian kecil area yang diajukan untuk dipisah dari Laut Tiongkok Selatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun