Mohon tunggu...
Fajar Novriansyah
Fajar Novriansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja biasa

sesungguhnya kekayaan Allah itu nyata, mari menulis lagi, makin banyak baca makin banyak tahu,

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tawa menurut KBBI dan Relevansinya di Tahun 2020

26 Desember 2020   22:38 Diperbarui: 26 Desember 2020   22:47 162 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tawa menurut KBBI dan Relevansinya di Tahun 2020
twitter.com/joypixels

tawa/ta*wa/ n ungkapan rasa gembira, senang, geli, dan sebagainya dengan mengeluarkan suara (pelan, sedang, keras) melalui alat ucap:

Nah tertawa adalah sebuah pengungkapan perasaan dalam diri manusia, seperti yang tersirat dari pengertiannya maka tertawa adalah sebuah emosi yang tercipta dari rasa bahagia

Bahagia itu juga ada banyak macamnya, di mulai dari hal hal lucu yang kita dengar, kita lihat dan bahkan kita lakukan sendiri. Bahkan kita pada dasarnya adalah objek yang bisa menjadi tawa bahagia orang lain.

Menyaksikan acara lawak, standup commedy atau hal hal konyol yang kita temukan secara langsung dalam kehidupan kita sehari hari, yang akhirnya mungkin di ceritakan dan menceritakan kembali kepada orang lain hal hal itu sehingga menjadi tawa di lain waktu dan kesempatan. 

Tertawa adalah fitrahnya manusia, tertawa tidak dilarang tapi jangan terlalu berlebihan.

Dalam tubuh kita ada hormon endorfin yang diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia. Hormon ini kadang kala juga disebut dengan istilah hormon senang karena biasanya tercipta setelah kita melakukan kegiatan atau hal hal yang membuat kita nyaman dan bahagia.

Hormon endorfin juga memiliki fungsi untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh manusia serta diketahui memiliki fungsi untuk membuat tidur kita nyenyak sehingga dipercaya mampu mencegah cemas dan depresi.

Hal hal bahagia itu selain makan dan minum yang enak enak (juga sehat ya), olahraga yang tercapai targetnya menyaksikan film di bioskop atau streaming secara daring bahkan bercinta atau melakukan hobi termasuk hal hal positif yang dapat membuat kita bahagia. Jadi akhirnya tahu dong mengapa tertawa bahagia itu juga merupakan hal yang baik bagi kita. Tertawa itu sendiri memiliki pengaruh positif terhadap banyak organ tubuh. 

Dalam tubuh adapula zat kimia yang melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol. Nama zatnya adalah nitrogen oksida atau nitric oxide yang dilepaskan tubuh saat kita tertawa. 

Saat situasi kesehatan tidak dapat diprediksi seperti sekarang ini maka tertawa juga memiliki pernanan penting karena dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun. Tertawa pun mampu untuk menetralkan segala emosi buruk yang dapat menyebabkan terjadinya cemas berlebih dan depresi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN