Mohon tunggu...
Fajar Novriansyah
Fajar Novriansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja biasa

Pekerja Purna Waktu Sebagai Staf Adminitrasi di Perusahaan Operator SPBU Swasta berlogo kerang kuning. Menikmati suka duka bertransportasi umum, Karena disetiap langkah kan ada jalan, dimana perjalanan kan temui banyak cerita. S1 Manajemen Universitas Terbuka 2014

Selanjutnya

Tutup

Segar

Pengennya Sih Jalan 10 Km, tapi Yoga Saja

10 Mei 2020   19:23 Diperbarui: 10 Mei 2020   19:19 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebetulnya saya bukan orang yang suka banget olahraga, tapi ada satu yang saya suka jalan kaki. Saya merasa jika berlari seeprti joging cukup menguras energi dan rasanya jantung saya deg-degan jadi saya merasa kurang cocok. Fitnes malah, nah klo sebelum corona ada acara senam Zumba di Sumarecon Digital Center, tiap senin malam selasa dan sabtu malam minggu juga minggu pagi.

Tapi semenjak Corona merebak tentu kegiatan bersenam ria bareng bareng ini menjadi tertunda. Karena Corona merebak sangat cepet terutama dengan berkerumun. Selain senam zumba saya suka sekali jalan kali bahakan berkilo kilo meter, selain mengenang masa lalu di akmpung halaman dimana masih suka menjelah bukin bukit kecil tiap weekend. Berhubung tidak ada hutan kota dan bukit bukit ditangerang sini memutuskan jalan kaki adalah yang terbaik.

Saa biaasa berjalan dari dekat Sumarecon mall serpong, lewat sekolah pahoa dan sampai ke RS Carolus. Berjalan sepanjang jalan yang sisinya terlihat sungai, Pas Gereja Christ Cathedral , ambil kanan sampai pertigaan lalu ambil kiri pas ada pertigaan lagi dan jakan terus sampai samping perbatasan Paramond land dan BSD city, lanjut jalan arah sampai AEON Mall, alhamdulillah tembus 10 KM berjalan kaki.

Dengan berjalan kaki jauh saya merasa semua otot saya yang longgar rasanya diperkuat lagi. Keringat mengucur dan proses detoksifikasi racun berjalan mulus keluar bersama keringat.

Sekarang keluyuran jalan kaki mana bisa, bukan karena berpuasa ya tapi karena anah aja disuruh dirumah aja malah keluyuran, mau jalan disekitar komplek aja saya jadi sungkan. Bukan karena alasan puasanya ya. Soalnya selama jalan biasa 10 KM itu biasanya minum belakangan, jadi jika berpuasa jalan menjelang magrib jadi bisa berbuka ditempat tujuan. 

Berhubung dirumah saja saya mencoba yoga, berawal dari lihat tutorial di youtube akhirnya jadi mulai dilakuka, walau tidak sering sering tapi banyak sekali mamfaatnya. Juga baca artikel di Media online juga bagus saat berpuasa. Apalagi jika dilakukan menjelang berbuka tau lebih bagusnya sebelum tidur. saya sih mencobanya siang siang tadi hehehe.

Kenapa mesti Yoga? yoga berfokus pada teknik pernapasan denga tujuan untuk menambahkan suplai oksigen ke semua jaringan dan menyelaraskan produksi hormon. Ada banyak gaya dan gerakan yang halus. Dengan begitu kita juga bisa seklaian bermeditasi. 

Saa meresapi gerakan gerakan yang saya contoh di youtube banyak yang menajadi lebih peka. Bukan tiba tiba peka punya kekuatan super ya cuma jadi nyaman saja. Baik pendengaran dan penciuman rasanya jadi tenang jadi tubuh menjadi lebih rilek.

Yoga juga bisa dilakukan dirumah, bahkan di kamar. Yoga juga melatih kesabaran kita dalam gerakan yang ringan ringan dan memperthankan beberapa postur yoganya. Yang saya suka kelebihan efek beryoga salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. Sehingga pas hendak tidur rasa kantuk datang bisa langsung bobo.

Yoga juga bisa mengatasi sakit punggung dan menurunkan berat badan lho. Jasi kita bisa olahraga sehat tidak keluar biaya hanya modal belajar dari artike daring atau aplikasi youtube. InshaAllah puasa tetap lancar dan sehat.

Selamat melanjutkan ibadah esok dan mulai dengan kebiasaan baru, kebiasaan sehat.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun