Mohon tunggu...
Fajaria R
Fajaria R Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya keanekaragaman Budaya Antar Anggota Tim

24 Juli 2018   18:58 Diperbarui: 24 Juli 2018   19:25 1583
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak faktor yang memengaruhi soliditas dalam sebuah tim, mulai dari keragaman fungsi, perbedaan pengalaman, senioritas, dan kepribadian anggota tim. Ada unsur lain yang juga bisa berpengaruh terhadap kerekatan tim, yaitu latar budaya masing-masing anggota tim tersebut. Jika terdapat kelompok budaya yang relatif dominan dalam sebuah tim, mungkin tidak akan mudah bagi minoritas di dalam tim tersebut. Sehingga anggota tim ini tidak mampu mengatasi rintangan komunikasi, tidak mudah untuk dapat berpartisipasi dengan anggota lain dan didengar suaranya. Baik dalam hal memberikan gagasan, beradu argumentasi, mengatasi perbedaan dan konflik, dan mengambil keputusan.

Ketika mengetahui adanya keragaman dalam sebuah tim, sebagai pemimpin tim harus menyiapkan aturan - aturan yang telah disepakati bersama sejak awal. Hal ini menunjukan bahwa pemimpin agar mampu mengatasi keragaman. misalnya datang kerja dan rapat tepat waktu, mempersiapkan laporan yang akan dibahas. Keragaman budaya yang ada pada sebuah tim ini tidak boleh dijadikan sebagai suatu alasan agar masing - masing anggota merasa kurang nyaman dalam bekerja. Hal ini harus ditegaskan kembali, meskipun memiliki keragaman antar anggota harus tetap menunjukan bahwa mereka mampu untuk bekerja sama secada tim dengan baik. Pola pikir yang terletak pada pemimpin dalam ragam budaya yang sangat mempunyai peran penting yang terdapat dalam sebuah tim karena keragaman budaya menunjukan adanya berbagai macam tata budaya, tata ekonomi, tata hukum, tata politik, setiap negara.

Kepemimpinan dalam keragaman budaya mercerminkan nilai nilai dan karakteristik untuk memberikan hal - hal yang positif bagi anggotanya, seperti :

  • Mencerminkan diri dalam pribadi yang memiliki visi yang kuat.
  • Beroreantasi untuk menghasilkan kinerja organisasi yang bermutu tinggi.
  • Menyelaraskan pembagian konpensasi dengan tingkat kinerja.
  • Menciptakan mitra kerja atau kolaborasi dengan tingkat intensitas dan mutu yang tinggi atau kemampuan mengembangkan jaringan (networking).
  • Menekankan ketinggian etika kerja.
  • Kecermatan dalam perencanaan.

Menghadapi keragaman budaya dalam satu tim membutuhkan beberapa cara agar tidak terjadi perselisihan. Tak ada patokan baku yang berlaku dalam setiap tim maupun setiap waktu. Pemimpin tim harus bisa memilah dalam membaca situasi dan menemukan cara-cara kreatif untuk membuat timnya solid dan sekaligus dinamis. Sehingga disini pemimpin harus bisa melakukan beberapa cara agar dapat membuat anggoya timnya bekerja sama dengan baik itu sangat penting, seperti :

Meningkatkan Efisiensi

Ketika bekerja dalam tim akan bekerja menuju tujuan yang sama secara bersamaan. Semua proses pekerjaan yang dikerjakan secara bersama akan menjadi lebih efisien karena hal tersebut akan diselesaikan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selain itu, bekerja dalam tim juga dapat memudahkan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk lebih cepat karena saling berbagi tanggung jawab dengan lainnya.

Mendapatkan Ide-ide Baru

Salah satu keuntungan terbesar yang akan diterima setelah melakukan kerja sama tim adalah A perusahaan akan mendapatkan inspirasi serta ide-ide baru dari diskusi bersama tim. Ketika saling bertukar ide dengan anggota lainnya, ada sebuah ruang lingkup kreativitas yang jauh lebih banyak dan luas  Dalam lingkungan tim yang efektif, anggota staff akan merasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan mereka. Tanggung jawab terhadap atasan  pun menjadi tanggung jawab bersama sehingga sebuah tim lebih percaya diri untuk menyampaikannya ke atasan.

Mendapatkan Pengalaman Belajar

Kerja sama tim sangat penting dilakukan dalam lingkungan kerja karena dapat membawa orang-orang dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda secara bersamaan. Seseorang pun bisa mempelajari berbagai jenis pengetahuan dari orang lain, yang juga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam diri setianp anggota tim. Masing-masing anggota tim mememiliki peran sebagai sumber pendidikan bagi karyawan lain di dalam lingkungan tim. Sehingga memberikan pengalaman yang baru antra sesama anggota tim tersebut.

Dalam organisasi keragaman budaya di Indonesia ,diperlukan banyak pimpinan dengan kepekaan dan kecakapan untuk memahami keragaman budaya dalam lingkungan kerja yang terdiri pegawai dan pelanggan yang berasal dari latar belakang budaya dan etnis yang beranekaragam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun